Kamis, 25 Desember 2008

AKU = Ajian Kasampurnaan Urip

AKU = Ajian Kasampurnaan Urip


Salam Sejati

"Siapa yang bersungguh-sungguh,
akan menemukan yang dicarinya"

AKU adalah Spirit yang “TULIS TANPO PAPAN KASUNYATAN“
AKU adalah Substansi yang “GUMANTUNG TANPO CENTHELAN “
AKU adalah Esensi yang “ LUNGGUH DUMUNUNG neng BATIN sing SUCI “
Ketika AKU terkurung oleh badan jasmani.
AKU lah yang DZAHIR.
Mengeja-wantah dalam ASMA, SIFAT dan AF’AL yang “ SEPI ING PAMRIH RAME ING GAWE “
Tetapi…., Ketika AKU mengurung dan menyelimuti badan Jasmani.
AKU lah yang BATIN.
Mengeja-wantah dalam DZAT yang ” TAN KENO KINOYO NGOPO “

Aku tidak berada didalam gelap,
Aku tidak berada didalam terang,
Karena gelap dan terang adalah ciptaanKu,
Jika kamu menanyakan dimana rumahKu,
Aku berada pada dzat yang tempatnya tidak jauh,
Aku bersemayam di dalam tubuhKu sendiri
Tetapi hanya manusia yang terpilih yang bisa melihatKu.
Aku itulah satu-satunya Wujud,
Yang lain hanya sekedar mewujud,
Cahaya hanya ada didalam Aku,
selain itu hanya memancarkan cahayaKu.

AKU yang sesungguhnya adalah perbendaharaan kata yang tersembunyi.

Jika engkau ingin menemui - AKU
Selamilah ke dalam samudera batinmu paling dalam.
Yang Gelap dan Terangnya takkan terjangkau oleh pandangan mata Jasmanimu.
Karena AKU tidak berada di dalam gelap dan terangnya pandangan mata jasadmu yang PALSU dan MENYESATKAN jalanmu.
aku adalah sang hidup yang abadi
yang berupa dan berwarna
yang punya nama seperti juga raga
aku tidak kemana dan dimana
aku disini diruanganku sendiri
aku melihat tapi aku tidak terlihat
setiap orang mencariku
sungguh bodoh dirinya
setiap orang memanggilku
sungguh bisu sesungguhnya dirinya
setiap orang ingin mendengar kataku
sungguh tuli sesunguhnya dia
setiap orang ingin melihatku
sungguh buta mata dirinya.
jangan kau rasa dengan lidahmu apa
hendak kau rasa...rasakan dengan kesungguhan
hati penuh keyakinan tentang aku
ketika kau berjalan ada rasa lelah itu hanya pikiranmu
sesungguhnya rasa lelah dihatimu takkan pernah ada
bila saja kau sudah berada dalam satu bersamaku.
awalnya kejujuran berbuah kebaikan berakar kebajikan
berbatang keyakinan berdaun kesabaran berbunga pengertian.
sesungguhnya aku satu berada dalan setiap kalbu
sesungguhnya dirinya adalah berada dalam ruanganku
maka dirinya takkan pernah bisa melihatku
aku ada dalam dirimu...aku melihatmu
kenapa kau tak bisa melihatku.
kau harus punya NAMA...dan RUPA sesungguhnya.
Aku bertanya pada dinding tuli
Tentang aku??
Mengapakah aku??Aku mengadu pada batu bisu
Tentang aku??
Apakah aku??Aku berkisah pada merpati bercumbu
Tentang aku??
Bagaimanakah aku??
Aku bercerita pada mentari beranjak senja pergi
Tentang aku??
Inikah aku??
Lalu..
Mengapakah aku??
Apakah aku??
Bagaimanakah aku??
Inikah aku??
Hanya tanyaku yang terus bertanya pada “aku” yang
bertanya.
aku punya raga
aku punya jiwa
aku punya warna
aku punya rupa
aku punya kehendak
aku punya kuasa.
kuasa punya aku
kehendak punya aku
rupa punya aku
warna punya aku
jiwa punya aku
raga punya aku
aku punya aku,
Aku sadar
Aku mengamati diriku
pikiran-2 ini hanya pikiran-2
kata-2 ini hanya kata-2
getaran-2 ini hanya getaran-2
rasa-2 ini hanya rasa-2
suara-2 ini hanya suara-2
warna-2 ini hanya warna-2
bentuk-2 ini hanya bentuk-2
lelaku-2 itu hanya lelaku-2
semuanya itu ada padaku tetapi itu bukan Aku
Aku disini saja
Aku ada
Ada Aku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar