Kamis, 25 Desember 2008

Dengarkan Suara Napasmu

Dengarkan Suara Napasmu

SUDAH banyak penelitian membuktikan meditasi dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menetralisir emosi negatif menurunkan tekanan darah tinggi serta mengurangi efek stres. Dan lebih penting lagi bebas dari obat-obatan, bebas biaya alias gratis dan tak ada efek sampingnya sama sekali. Kalau mau mendapat hasil maksimal dari meditasi lakukan selama 10 menit setiaphari. Kedengarannya gampang karena cuma 10 menit, kenyataannya terasa berat saat dilaksanakan sehari-hari.
Tapi dengan disiplin tinggi dan kemauan keras Anda pasti bisa melakukannya secara rutin. Kunci utamanya cari dan temukan waktu yang teratur untuk mengembangkan latihan secara rutin.Tanyakan pada diri sendiri apa yang minimal dapat Anda lakukan sehingga bisa berdisiplin?
Mungkin, walau hanya tempat Anda bisa menikmatinya dan akan bertahan untuk 5 menit lagi. Pakar meditasi menyarankan untuk melakukan meditasi langsung begitu Anda bangun pagi. Umumnya begitu bangkit dari tempat tidur, posisi kepala kita tegak seperti saat duduk di kursi sehingga tubuh tidak dapat merasa relaks seperti saat tidur. Nah, untuk memulai meditasi pejamkan mata. Pusatkan perhatian Anda pada desah nafas sendiri. Cara ini yang termudah bagi para pemula. Biarkan perut mengembang saat menarik dan mengeluarkan napas, kemudian diikuti dengan tarikan napas yang dalam ke paru-paru. Ini akan menimbulkan efek relaks pada tubuh. Setiap waktu pikiran Anda berjalan (dan itu pasti terjadi) jangan dihiraukan. Perlahan-lahan Anda hanya akan mendengar suara desah napas Anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar