Minggu, 28 Desember 2008

KANJENG RATU KIDUL vs NYI RORO KIDUL


KANJENG RATU KIDUL vs NYI RORO KIDUL
Sumber http://gantharwa.wordpress.com


Pada tahun 1999 bulan Agustus di semua Koran nasional yang bertempatan di Jakarta memuat mengenai pemusnahan benda-benda pusaka dari Pengusaha Laut Selatan dan pengusiran terhadap Penguasa Laut Selatan oleh sejumlah pakar yang mengaku memiliki kemampuan dan dan ahli dalam metafisik serta sejumlah pakar ulama serta rohaniwan. Diantar mereka menyebut Penguasa Laut Selatan adalah Nyi Roro Kidul.

Saya kemudian lalu bertemu dengan seorang Kadang yang telah menuliskan Surat kepada Koran tersebut untuk dibuat di Suara Pembaca, katanya tujuannya adalah untuk menetralisir opini selama ini berkembang: kira-kira ini kutipan isinya yang masih saya simpan;

Salam damai dan sejahtera
Saya sangat berterima kasih kalau surat ini dapat diterbitkan. Saya ini menjelaskan atau menjernihkan soal siapa Penguasa Laut Selatan. Selam ini masyarakat telah keliru, karena menganggap Peguasa Laut Selatan adalah Nyi Roro Kidul dan karena perbuatannya maka Penguasa Laut Selatan menjadi sangat menakutkan bagi masyarakat tertentu.

Melalui surat ini ingin saya menegaskan bahwa Penguasa Laut selata, ”sekali-kali” bukan Nyi Roro Kidul yang selama ini di kenal oleh masyarakat, tapi menlainkan ”Kanjeng Raru Kidul”. Dialah yang sebenarnya Penguasa Laut Selatan yang selama ini dimaksud, bukanlah Nyi Roro Kidul. Status dari Kanjeng Ratu Kidul adalah merupakan Raja/Penguasa di laut selatan, sedangkan Nyi Roro idul adalah Patih Nya.

Dan selam ini bencana dan mara bahaya adalah ulah dari kenakalan Nyi roro Kidul, tapi selama ini dianggap Penguasa Laut Selatan yang bikin ulah (seolah-olah seorang pembantu menyalahgunakan nama tuannya)-(atau anak bikin ulah bapak yang namanya tercoreng. Red). Maka Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul adalah dua pribadi yang berbeda. Jadi tanpa mengurangi rasa hormat kepada para guru, dukun, paranormal, atau apapun sebutannya, yang mengatakan Penguasa Laut Selatan adalah Nyi Roro Kidul, agar direnungkan kembali karena suatu kekeliruan (saya menjamin).

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, suatu saat saya akan menjelaskan mengapa Kanjeng Ratu Kidul seolah-olah membiarkan patihnya berbuat demikian dan asal usul serta misi dari Penguasa Laut Selatan.

Salam Untuk Para Kadang Sinarawedi.

Bandung, 31 Agustus 1999

Tulisan ini saya angkat kembali karena belakangan di Metro TV, saya melihat bahwa pendapat yang salah (sama) masih terjadi.

Suatu kebodohan dan kekonyolan.

Komentar»
1. ari - Februari 13, 2007
sebenarnya kedua nama itu sama aja klo kgk percaya tanya aja sama orangnya langsung anda jagn menuduh yang bukAN - bukan
(Gantharwa telah berabad-abad lamanya bekerja sama dengan Kanjeng Ratu Kidul dalam berbagai macam bidang untuk kesejateraan bangsa dan negara, sampai saat ini juga demikian. Jadi urusan ketemu dan berdiskusi dengan Kanjeng Ratu Kidul merupakan hal yang telah dan sering dilakukan. Adalah suatu kepastian bahwa kedua nama tersebut adalah dua pribadi yang berbeda. Maka ada baiknya anda mencek kembali, namun demikian, semua kembali pada pendapat masing-masing dan pandangan masing-masing. Terima Kasih. Red)

2. Surya Narendra - Februari 15, 2007
Mungkin juga bisa check ke Juru Kunci dari Pantai Selatan, di Pantai
Parang Kusumo, Juru Kunci ini punya legalitas dari Keraton Yogyakarta, jadi jabatan beliau di tunjuk oleh Keraton Yogya.
Paling tidak bisa disimpulkan bahwa beliau adalah orang yang “mampu” sehingga ditunjuk dan dilantik secara resmi.
Kalau paranormal yang lain mungkin bisa saja berkata kalau sudah pernah berkomunikasi dengan “Penghuni” pantai selatan, tapi kalau
beliau ini yang jelas ada legaslitasnya walaupun hanya dari keraton Yogyakarta.
Kalau sampai di Parang Kusumo, cari beliau dengan nama panggilan mBah NONO,
Seperti halnya mBah Marijan, beliau ditunjuk oleh keraton Yogya sebagai juru kunci gunung Merapi.
Jadi secara legalitas sedikit banyak bisa dipertanggung jawabkan.

Tapi secara pribadi, jelek atau tidak tergantung dari sudut mana kita memandang.
Cth: kita punya anak kecil meminta kembang gula yang kita tahu kalau sampai dibelikan dimakan akan menjadi batuk, kita tidak membelikannya, yang berakibat si anak menangis keras keras bahkan sampai berguling guling dilantai.
Bagi si anak, orang tua yang tidak membelikan kembang gula itu bisa dianggap kejam, bagi orang lain yang melihat tanpa tahu persoalan yang jelas, bisa menghakimi sebagai orang tua yang kejam, karena tidak mau membelikan kembang gula, tapi kalau dibelikan pasti batuk, selain sakit berakibat juga beaya dokter akan dikeluarkan.

Jadi baik atau buruk bisa sangat relatif.

Seperti halnya orng yang minta pesugihan, orang datang kemudian caos dahar ke danyang setempat belum tentu langsung dikabulkan, setelah berkali kali datang , baru kemudian dikabulkan, dalam kasus seperti ini , siapa yang minta sampai berkali kali…?
Padahal sebenarnya kalau si manusia itu sadar , jangan datang untuk caos dahar dan meminta pesugihan kepada si danyang.

Baik atau buruk tetap relatif.

3. indra - Februari 22, 2007
semuanya hanya bohong. jg sekali-kali percaya dengan cerita seperti itu. itu semua hanya tipu daya para iblis. hanya alloh.swt yang menguasai alam semesta ini dan jg termasuk pantai selatan.
(Semua Kembali kepada pengalaman Spiritual masing-masing. Silahkan menyelami kedalam sanubari, tidak ada yang salah mengenai “Hanya Allah SWT yang menguasai alam semesta ini dan jg termasuk pantai selatan” yang artinya Kanjeng Ratu Kidul telah dipercayakan untuk mengurusnya oleh Yang Kuasa, yang artinya Kanjeng Ratu Kidul juga dibawah kekuasaan Allah SWT. Sama halnya anda di percaya untuk mengurus rumah, apakah itu bukan milik Allah SWT juga? tentu Milik Allah SWT, dan tidak ada yang membantahnya. Terima KAsih. Red)

4. Ngabehi Kiduling Mesjid - Februari 23, 2007
Menurut yang saya ketahui Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul itu sama saja.

(Kerajaan Laut Selatan memiliki struktur pemerintahan yang rapi dan jelas, dan didalamnya ada jabatan-jabatan seperti halnya sebuah negara, yang mana Kanjeng Ratu Kidul merupakan Pemimpin utamanya, sedangkan salah satu (ada beberapa dengan nama yang berbeda) pembantu dekatnya (Patih) adalah Nyi Roro Kidul, ada juga Patih lainnya, mungkin kami ungkap sedikit namanya, salah satunya Nyai Riya Kidul (Jarang yang pernah denger kan?). Kenapa banyak menganggap mereka adalah pribadi yang sama, karena mereka selalu memperkenalkan dengan cara yang sama, yaitu pada saat mucul selalu mengatakan, “AKULAH DARI PANTAI SELATAN”, Nah.. Kata ini sering menjadi terpeleset (tidak tahu kenapa), menjadi; “AKULAH PENGUASA LAUT SELATAN”. Ya .. maklum aja salah nangkap, tapi akibatnya menjadi kabur. Red)

Marilah kita sedikit menengok kebelakang dari jaman nenek moyang sebetulnya mereka telah meyakini adanya tuhan yang esa, akan tetapi mereka belum mengenal ilmu tauhid (ilmu yang membahas pengetahuan, pendalaman,pengenalan dan pen-Esaan Tuhan)

(Sebenarnya mereka telah mengenal Tauhid, tapi bukan dalam bahasa agama (bahasa dan budaya bangsa lain) saat ini, tapi dalam bahasa dan budaya mereka tentunya, leluhur kita (contohnya JAWA) mengenal dengan sebutan yang lain, yaitu Ilmu Kasampurnaan yang artinya mengenal “Sangkan Paraning Dumadi” (orang yang mengerti tentang makna, arti, tujuan kehidupan ) dan mengenal Gusti Allah hanya Satu (MANUNGGAL) atau Tunggal, disebut juga Gusti Panggeran yang Agung. (Agung=Hebat tidak ada duanya). Red)

sehingga leluhur kita dulu masih terjebak dan bergantung dengan Zat selain tuhan demi terwujudnya cita-cita yang bersifat keduniawian.Raja-raja kita (khususnya di Tanah Jawa) walaupun telah mengenal jalan Ilahi (agama) mereka masih menggunakan Khodam (pembantu) dari bangsa jin.Dan tentu semua itu tidaklah gratis, diibaratkan orang yang teken kontrak, sipengontrak tentu akan memberikan imbalan bagi yang dikontrak sesuai perjanjian. dan bukan salahnya yang dikontrak apabila suatu saat dia berbuat sekehendaknya karena sipengontrak dengan tidak sengaja atau sengaja sering mengkianati perjanjian.

(Sama seperti manusia pada umumnya, semua orang butuh kerjasama dengan yang lain, atau butuh partner (seperti butuh suamu atau istri), dan manusia itu juga Zat (kalau mau pakai sebutan itu). Bahkan Nabi-nabi semuanya membutuhkan kerjasama dengan mahluk lain (Salaiman/Salomo) atau Nabi Jawa (Kyai dan Nyai) juga demikian adanya, bekerjasama dengan Malaikat (sebutan agama), para kudus, Para Kadang Sinarawedi Sejati (sebutan Jawa). Lalu apa mafaatnya bagi mereka kalau mereka sudah suci masih kerjasama dengan Mahluk lain? inilah yang disebut dengan KEMANUNGGALAN, Nabi tidak pernah mengajarkan egois untuk diri sendiri yang menjadi Suci, tapi kerjasama ini adalah untuk mensucikan mahluk lain juga. Maka kerjasama jangan diartikan dalam pegertian selalu mencari pesugihan dan kekuasaan, tapi yang disini dibahas adalah kerjasama dalam Kemanunggalan Kawula Lan Gusti dan Kemanunggalan Kawulan Lan Sesami Gesang. Red)

Saya hanya akan berusaha meluruskan disini, bukankah kita ini makhluk yang diciptakan oleh tuhan dengan penuh kesempurnaan.Sehingga tuhan menugaskan kita turun kebumi untuk menjadi khalifah (pemimpin) seluruh makhluk termasuk didalamya bangsa jin

(JIN adalah sebutan dalam bahasa agama, tapi tidak selalu itu sebutannya. dan menjadi Khalifah (dalam Jawa Menjadi Aji Soko) itu untuk semua Mahluk (termasuk Malaikat sekalipun), bukan hanya bangsa atau mahluk tertentu saja. Red)

seperti yang telah dicontohkan oleh jujungan kita Muhammad S.A.W. dan Isa (Yesus) Putra Maryam.Orang yang telah mampu mencapai tataran Manunggaling Kawulo Kelawan Gusti (Wahdatul Wujud, WahdatuSyuhud) adalah orang yang hanya bergantung kepada Tuhan.Sifat 20 telah mereka optimalkan sebagai kodrat dari Tuhan, Kata-katanya, gerak tanganya, kakinya, tajam matanya, pendengarannya, semua telah digerakkan Robbulallamin (Tuhan Semesta Alam) karena mereka telah mencapai derajat fana dari sifat manusia dan lebur dalam Khasanah Tuhan.(MANUNGGALING KAWULO LAN GUSTI).

(Setuju Sekali. Maka itulah Kerjasama sangat dibutuhkan. Red)

Masukan dari saudar-saudaraku juga saya harapkan. Trimakasih.

(sama-sama. terima kasih juga atas komentarnya yang berbobot. Red)

5. INDRA - Maret 1, 2007
ya, tapi yang namanya jin kan beraneka ragam.
(Benar, dan sekali lagi itu hanya sebutan/panggilan, bukan adalah, karena sesuai ajaran dan kepercayaan serta agama yang dianut. Red)

seperti halnya manusia ada yang muslim dan ada yang kafir.
(lebih baik kita sebut manusia yang benar dan salah, atau manusia berkwalitas dan tidak, karena banyak orang KTP Muslim tapi mental kafir, banyak orang yang KTP kafir tapi mental Muslim. Dan Dihadapan Alloh adalah Kwalitas bukan Formalitas, setidaknya ini menurut kami. Red)

saya gak haphal tapi saya pernah dengar, bahwa ada hadits yang meriwayatkan manusia diharamkan tuk berkomunikasi dengan jin apalagi minta bantuan mereka.
(Itu lantaran saat itu ingin dipertegas bahwa diharamkan untuk bekerjasama /minta bantuan karena dapat berakibat dalam hal yang menjauhkan kita dari Alloh SWT, karena sebelumnya ada riwayat kejadiannya, manusia menjauhkan diri Alloh SWT lantaran hal tersebut. Red)

karena pada dasarnya mereka/golongan jin tidak dapat dipercaya apalagi jin kafir.
(Setuju. Itu adalah yang tidak berkwalitas Benar. Namun Juga Banyak yang benar. Sekali lagi kita tidak pakai istilah Jin, kita pakai saja Mahluk diluar manusia ciptaan Alloh SWT. Red)

saya percaya bahwa ALLOH SWT menciptakan bermacam2 makhluk yang sesuai dengan alamnya masing2.
(Itulah Intinya, Alloh SWT menciptakan berbagai macam Mahluk sesuai alamnya dan setiap alam diberi kepercayaan untuk dipimpin oleh mahluk ciptaan Alloh SWT sendiri, sama halnya manusia diberi kepercayaan untuk mengatur Alam, Negara dipercayakan kepada pemimpinnya. Red)

yang saya sayangkan bahwa masyarakat khususnya yng tinggal di pesisir pantai selatan yang keterlaluan mengagung-agungkan keberadaan nyi roro kidul, sampai2 nyi roro kidul di percaya sebagai simbol keselamatan, kekayaan, dan dewa penolong bagi mereka.
(Itu Juga yang di Sayangkan oleh kami, maka kita wajib meluruskan, bukan memusuhi, menghujat, dengan memberikan pengertian pada mereka secara benar, kalau di tolak kita mencoba lagi, agar yang benar adalah benar. yang benar adalah cukup bekerjasama untuk lebih dekat dengan Alloh SWT. Red)

menurut saya seharusnya legenda ini di perjelas dg kata lain memperkenalkan siapa sebenarnya nyi roro kidul dan bagaimana cara menghormati keberadaannya agar masyarakat tidak salah kaprah dan lebih parah lagi sehingga mereka tidak menyekutukan RAJA DARI SEGALA RAJA ALAM SEMESTA “ALLOH SWT”.
(Benar. Namun tidaklah semudah itu, dan tentunya tidak semuanya bisa menerima penjelasan itu. jangankan untuk masalah LAut Selatan, mau perjelas masalah keberadaan hubungan tolerasi antar sesama manusia, bahwa kita adalah SATU, tidak semua bisa nerima juga. Demikian juga mau menjelaskan tentang Kebenaran Alloh SWT, lebih tidak mudah. Maka mari kita selalu senantiasa mengutamakan segala sesuatu atas Nama Gusti Allah yang Sejati, dengan sederhananya kita semua melihat manusia dalam Kasih yang dalam dan bersatu padu, tidak mudah dipecah-pecah karena kepentingan dan perbedaaan apapun. TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR ANDA. Red)

6. Fitrya Rahadianti - Maret 3, 2007
Muslim KTP, mental kafir
Kristen/Katholik KTP, mental kafir
Budha KTP, mental kafir
Hindu KTP, mental kafir
Kong Hu Cu KTP, mental kafir
Kepercayaan KTP, mental kafir

Maka sebaiknya Bermental BerkeTUHANAN, dari pada hanya pakai asesoris agama. Agama bukan Tuhan, dan tidak untuk di Tuhankan.
Salam

7. indra - Maret 5, 2007
menurut saya akan adanya nyi roro kidul hanyalah cerita rakyat. memang cerita rakyat adalah bagian dari adat dan tdk mungkin kita sebagai masyarakat yang tumbuh dengan kebanggaan karena kita memiliki beraneka ragam kebudayaan, adat istiadat dapat memusnahkannya. tapi kita sebagai umat yang beragama dan dianugerahi akal dan pikiran maka sebaiknya kita dapat memilih jalan yang benar dan tdak bertentangan dg kepercayaan agama. memang benar ALLOH SWT mnciptakan alam dan khalifahnya sebagai pemeliharanya dan kita yakin seyakin-yakinnya akan kebenaran hal itu. entah itu manusia hero, jin kafir/jin muslim dan manusia biasa yang dipilih sebagai khalifah tapi mereka tetap dibawah naungan -NYA. dan hendaknya kita tetap memegang teguh keprcayaan kita akan kebesaran ALLOH SWT dan jgn sekali-kali menyekutukan-NYA. terakhir kali harus ditegaskan bahwa semua itu hanya mitos, cerita rakyat bagian dari kebudayaan dan kita harus melestarikannya tetapi jangan sampai terjerumus didalamnya serta kita wajib mengharagai akan adanya certa tersebut….

8. Fitrya Rahadianti - Maret 5, 2007
Saudara Indra..
Itu sama aja anda juga mengatakan tidak boleh kerjasama sama dengan manusia, atau nurut sama pemerintah, karena itu juga kita Myekutukan-Nya. Apakah anda ke pasar, beli sayur kesiapa? apakah anda bekerja, kerja sama apa dan siapa? apakah anda punya KTP, buatnya sama siapa? apakah anda hidup sendirian? kan tidak!

kita semua maunisia butuh kerjasama dengan SEMUA Mahluk ciptaan Allah SWT, tentunya dalam hal yang benar dan akhirnya terus mendekatkan kita dengan yang Kuasa.

Kalau Mitos (Hikaya yang tidak ada fakta) kenapa harus panik para pemuka agama?, kenapa harus khawatir kalau umatnya banyak laku tapa di sono?. Biasa aja. Kenapa harus takut jauh dari Allah SWT? itu kan sama saja ada anak kecil main dokter-dokteran, lalu kita bilang; “eh.. jangan tersesat, sadar bahwa kamu bukan dokter.”
masa anak kecil kita katain begitu, biarkan aja dia kreatif, nanti malah termotivasi untuk jadi dokter.
Sama halnya kalau ada orang (iman anak kecil) yang “main-main” dengan kepercayaan di laut selatan, biarin aja.. toh itu bohongan (mitos. seperti yang anda sebut) nantinya kan bisa kreatif dan termotivasi untuk menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

ADAT ISTIADAT (Tatanan kehidupan yang beradap), apakah agama itu bukan adat istiadat yang telah di tulis secara rapi? dan dibuat teratur oleh pengikutnya sekian tahun/abad. sehingga menjadi agama. apakah agama itu bukan keyakinan dari Bangsa lain? yang sebenarnya tidak ada hubungan dengan kita, tapi toh kita menyakininya (dan itu juga tidak salah). lantas apakah kita harus salahkan adat istiadat kita sendiri. Semua agama bisa mengklaim diturunkan untuk semua umat manusia. demikian semua suku bangsa mempunyai keyakinan dari adat istiadatnya yang mengatakan untuk semua manusia juga. dengan demikian jangan juga kita terlalu MEN-TUHAN-KAN agama-agama. karena agama bukan ALLAH SWT.
Salam

9. Hamba ALLAH di Bandar Lampung. - Maret 13, 2007
Assallamu’allaikum Wr.Wb..

PRO & KONTRA membahas tentang IBUNDA KANJENG RATU KIDUL menarik perhatian saya dan saya mohon izin utk berbagi pengetahuan…
Semua Makhluk dimuka bumi ini baik dari jenis JIN dan MANUSIA memiliki masa lalu dan tidak ada yang sempurna kecuali ALLAH SWT, Saat ini IBU RATU tidak lagi AKTIF memimpin KERAJAAN, Pelaksana tugasnya diserahkan kepada NYI RORO KIDUL di bantu oleh dayang2nya seperti Citra dll.. yg sdh dianggap IBU sbg anak sendiri dan Penasehat Kerajaannya yaitu Walijan.. IBU RATU saat ini sedang Tafakur memohon Ridho ALLAH SWT agar dapat menuju SURGA diakhirat kelak, Saya mohon kepada seluruh bangsa JIN dan MANUSIA diseluruh dunia ini kiranya dapat menghormati dan menghargai keputusan IBU RATU yg juga Hamba ALLAH SWT, keberadaannya selama ini di LAUT SELATAN juga RIDHO ALLAH SWT, memiliki hak dan kewajiban yg sama dengan kita Manusia.. Mari kita berdo’a bersama sama agar kita semua Makhluk ciptaan ALLAH SWT termasuk IBUNDA KANJENG RATU KIDUL dapat bergandengan tangan bersama sama kita manusia menuju SURGA yg dijanjikan ALLAH SWT Amiin ya rabbal allamiin.. Mohon maaf jika ada kata2 yang tidak berkenan dihati, Wassallam,-

(Saat ini Bunda Kanjeng Ratu Kidul masih tetap aktif, terutama aktif terlibat dalam memperbaiki Nusantara / Indonesia, pemerintahannya masih tetap dipimpin oleh beliau… karena untuk level seperti Bunda Kanjeng yang mau melakukan Tafakur tidak perlu mengasingkan diri, dan Pribadi (Roh) yang tafakur untuk memohon Ridho Allah SWT, justru merupakan Pribadi (Roh) yang sangat aktif dalam aktifitasnya, tidak malah berhenti, atau mengasingkan diri. Namun semua kembali kepada pendapatnya masing-masing, boleh percaya atau tidak, mari kita tingkatkan spiritualitas kita, sehingga kita bisa menanyakan sendiri dan BENAR lah jawabannya bukan diboncengin. Terima Kasih Komentarnya. Red)

10. adji digdaja - Maret 22, 2007
Komentar dan tanggapannya sangat bermutu…dan berisi banyak pencerahan..
mungkin website ini diperutukkan untuk orang yang ingin/sudah mengenal jawa dan orang yang pancasilais/jawais…
semoga dengan mengesampingkan atribut(agama, suku, ras) kita dapat saling memahami kebenaran yg dari pada Tuhan YME.

11. indra - Maret 30, 2007
saudari fitrya yang cantik tapi pelo…..

maksud saya itu tidak demikian tapi manusia tidak diperbolehkan bekerjasama dengan jin dan sejenisnya BEGITUUUUUUUUUUUUU!!!! ya silahkan teman2, keluarga kamu diajarkan kreativitas seperti yang kamu maksudkan. kan kata kamu tidak usah takut jauh dari tuhan, iyo toooooooooo!!!!!!!!!!!! agama kok adat istiadat, brarti ga ada dosa dan pahala.orang dlm adat istiadat kan ga ada dosa dan pahala. terus kalau agama hanya adat berarti al-quran itu hanya tulisan dari nenek moyang bukan wahyu dari ALLOH. SWT dan Muhammad. SAW hanya seorang figur yang dianggap sebagai kepala suku bukan seorang Rosul. bagaimana menurut kamu, disini kau kutunggu………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

(Sebaiknya kalau diskusinya sudah mulai mengarah panas dan menyerang, ada baiknya gabung dengan mailing list Gantharwa untuk membahasnya. Red)

12. Fitrya Rahadianti - Maret 30, 2007
Saudara Indra Yang baik dan pinter…

Saya juga beragama Islam, tapi saya memahami islam tidak hanya di level Syariat dan Tarekat seperti anda (itu menurut saya), tapi marilah kita ke tingkat yang lebih tinggi menjadi mengenal agama kita menjadi level Hekekat, bahkan kalau bisa Makrifat…

Jin dan sejenisnya yang anda sebut juga adalah Roh (seperti yang di jelaskan Red. : mohon baca ulang posting anda yang ada di atas beserta komentar)… siapa bilang kita tidak boleh bekerja sama dengan Roh? toh manusia juga Roh, siapa bilang kita tidak boleh bekerjasama dengan Jin, toh Nabi Sulaiman juga melakukan, pada saat Ia ingin pindahkan Istananya… bahkan Yang Mulia Rasul Kita juga memerintahkan Jin untuk memusnakah musuh-musuhnya.. Masalahnya apakah kita bekerja sama dengan jin atau sejenisnya itu untuk kejahatan atau kebaikan, kalau untuk kejahatan itu jelas di larang..
Mari kita malu dengan kaum kita sendiri, ngakunya tidak kerjasama sama Jin, tapi menganiaya orang dan mencemarkan orang dengan merusak seperti yang dilakukan ormas besar dan keras, apakah itu bukan lebih parah dari bekerjasama dengan jin? (mari renungkan)

Itu sudah Pasti.. Keluarga saya diajak untuk kreatif dengan mengenal seluruh ciptaan Allah SWT, termasuk Jin juga ciptaanNYA.

Yang bilang gak ada pahala dan dosa itu anda, saya tidak pernah menyebutkan… yang anda pikirkan adat istiadat dengan yang saya pikirkan berbeda, yang saya maksud adalah Ajaran leluhur adalah bagian dari kebenaran yang tidak bisa dipisah… dan itu pada perkembangannya menjadi agama karena di bentuk manusia.

Apakah tulisan nenek moyang bukan Wahyu dari Allah SWT? apakah Nabi Adam, dan nabi yang lain bukan nenek moyang? Mana kepintaran anda? coba sebelum tulis direnungkan dulu…

Benar dugaan saya bahwa anda tidak mengerti tentang adat istiadat dan ajaran leluhur, maka anda bisa simpulkan yang Mulia Nabi kita sebagai kepala suku yang anda tanyakan ke saya…

Apa Artinya Rasul? udah tahu belum? masa saya juga harus paparkan.. tapi kalau anda sudah mengerti, mustinya tidak akan nulis begitu ya……

Apa yang musti di tunggu… yang harus anda pikirkan adalah merenungkan? jangan beragama seperti pakai kaca mata kuda, tapi berwawasan terbuka. Manusia diciptakan bukan untuk agama(ajaran kebenaran, leluhur), tapi agama (ajaran kebenaran, leluhur) di buat buat manusia untuk memahami satu sama lain, bukan menimbulkan pepecahan dengan yang lain

Wassalam

(Mari tetap berhati dingin, kita tidak saling menyerang, tapi saling melengkapi. kalau mau diskusi langsung, silahkan gabung dengan Mailing list Gantharwa. Red)

13. LEONARDUS HARIWISHNU - Maret 30, 2007
Teman-teman yang terkasih. Situs ini sangat berharga bagi kita semua, dan karena ini situs / blog yang terbuka untuk siapa saja maka wajar saja jika yang mengakses situs ini berasal dari latar belakang & range tingkat pengertian yang berbeda-beda, tidak ada yang salah dengan itu semua, yang ada hanyalah keberadaan kita di dalam lingkaran proses dari kehidupan (kalau berkenan, boleh membaca disitus ini tulisan saya tentang The Cosmic Wheel” semoga terinspirasi) . . Saya sendiri mau belajar banyak dari teman-teman yang berkecimpung di situs ini dengan saling mengisi, saling mengingatkan dalam damai dan saling menghargai. Saya mau setiap membaca situs ini kita semua mendapat siraman rohani yang menyejukkan, dan indah sekali jika kita semua merasa SATU dalam kebersamaan, karena memang itulah adanya kita makhluk Tuhan dalam “ultimate reality”: SATU……..!

14. mmm - April 1, 2007
ADA yang tahu tentang ENDANG CUWIRI ga? Kalo ada yang tahu, beri aku cerita lengkapnya dong….

(Penguasa Samudra Hindia itu adalah Kanjeng Ratu Kidul, dan tokoh Gunung Merapi adalah Kanjeng Endang Cuwiri. Namun ada juga penguasa lain di Gunung Merapi. Ini untuk informasi awal dulu, lengkapnya kami tidak bisa cerita banyak di komentar ini. Nanti di materi yang akan datang, kami coba paparkan. Red)

15. Bambang - April 3, 2007
menurut saya Kanjeng Ibu Ratu Kidul adalah orang yang suci yg diutus Tuhan untuk Menjaga di Laut Selatan dan menjaga negara Indonesia bersama dengan Orang Suci yang lain misal P Diponegoro,Pak Karno,Prabu Jayabaya,Prabu Siliwangi dll.

Itu semua adalah perwujudan dari Keesaan Tuhan…

16. Sudarmanto - April 4, 2007
Walah walah kok malah pada nyimpulin hal yang ga keliatan, coba dunk
kita menelaah hal yg metafisika ini dengan arif dan bijaksana.
Tidak dengan pendapatnya sendiri yang minta di benarkan???
Coba sementara menjawab hilangkan dulu rasa ke `aku an`, mari sama2 kita renungkan secara logika ( sain ) jangan hanya berpendapat
tapi tanpa ilmu.
Kalau sebuah alat tekhnik meraba sesuatu yg ga tampak maka alat itu akan menunjukan grafik berupa pulsa dengan raw data yg berlainan nilainya,,,,spekctrum maupun teori momentum, atom , dan laen2…
Memang pendapat kalau di ungkap sama orang yg belum pernah berkomunikasi dengan yg gaib pasti,,kita pahami seperti anak kecil yg baru baca buku aja,,,maka akan di ceritakan seperti kalimat di buku tadi,,
Mari kita renungkan dengan jujur,,,tanpa ke `akuan` maka akan taulah kalian mengungkap hal yg goib itu.
seperti km melihat bulan dan anak kecil sama melihatnya,,maka hasil kesimpulan akan berbeda.
Itulah kebenaran yg tidak bisa di simpulkan secara jelas,,,jadi jawaban akan selalu bertentangan,,,,maka coba amati dengan komunikasi dan lihat dengan sempurna,,,,maka yg lebih tau akan tertawa menyaksikan jawaban yg laen….dan semua ini tergantung kedalaman kita dalam menjelajahi kehidupan pribadi diri kita,,,,

Nuwun

wong ndeso kesa keso

17. N.Kidulingmesjid - April 4, 2007
Menurut saya pendapat-pendapat di atas tidak ada yang salah,Dan tidak perlu diributkan apalagi disertai sedikit caci maki, bikin ga enak hati yang pada baca.Orang bijaksana sejati adalah orang yang mau mengeluarkan pendapat tapi siap pula dikritik juga harus siap mendengarkan pendapat orang lain.Orang yang mau mendengarkan pendapat orang lain tentu ilmunya akan terus bertambah, karena dia akan mendapatkan pengetahuan dari orang lain yang belum diketahuinya.Menyikapi sesuatu tak ubahnya kita mengomentari sebuah gunung.Orang yang paling jauh tempatnya tentu akan berkomentar kalu gununng itu bentuknyan halus, menonjol keatas dan warnanya kebiru-biruan, pendapat itu tentu tidak salah kalau menilik yang berkomentar.Orang yang agak dekat akan bercerita kalu gunung itu dihiasi jurang-jurang dan sebagainya.Orang yang tinggal dilerengnya bisa bercerita betapa hawa gunung itu dingin, banyak binatang liarnya dsb.Yang paling hebat lagi adalh orang yang sudah pernah naik sampai kepuncak gunung, Tentu ia akan bisa lebih detail bercerita tentang sebuah gunung dan ia akan memaklumi cerita orang-orang yang belum pernah sampai dipuncak gunung.Saya juga punya guru yang tidak disangsingkan pengetahuan dan lakunya,tapi saya juga ingin belajar mengenal gantharwa, karena bagi saya pengetahuan itu ibarat langit yang tiada batasnya.Mbak Fitri sing sabar, mas indra juga harus bijaksana
Maturnuwun, Syukron

18. Sudarmanto - April 4, 2007
Matur nuwun
Kawulo mung sa`dermo nrimo, tapi yg saya fokuskan di sini
bukanlah sebuah jawaban “benar” dan “salah”. Akan tetapi cara
menjawab dengan bijaksana, maka akan menimbulkan perasaan
kebenaran pada si pembaca untuk berfikir bahwa sesuatu yang metafisik itu unik dan asyik untuk di ungkapkan melalui apapun bentuk sastra kalimat yg dipakai. Karena sebuah jawaban itu kl di pahami secara filosofi akan semakin menambah pertanyaan,,, inilah yg di harapkan pada pembaca untuk mengartikan “sosok” makhluk itu bisa di jawab dengan berbagai macam jawaban yg “benar”
Aq juga membaca jawaban yg seolah enggan berfikir secara riil,,,
seolah dia pasrahkan jawaban dengan kalimat yang final, tanpa berfikir obyek maupun subyek yang menambah wawasan berbagai macam “Ciptaan”. Memang pemahaman tergantung pada lelaku seseorang dalam mengarungi hal goib,,,.
Kl jawaban itu hanya sebuah jiplakan “bajakan” maka akan berbeda dari jawaban mereka yang “laku ing ilmu”. Dari semua ini aq berterima kasih, karena menambah wawasan saya dalam memahami
hal goib ini, apabila di pandang dari berbagai ilmu dan di tuangkan melalui sastra.
Saya juga hormat kepada padepokan GANTHARWA yg telah para pemuda maupun pemudi menggali kembali hal2 yg metafisik.
Mas kidulingmesjid salam hormat, bukan aq menyalahkan…akan tetapi ini hanya pemikiran bahwa hal goib tak perlu di ributkan.
Memang yg telah laku akan menemukan jawaban yg hanya dirinya…
asyik memandang potret kecantikan dan keindahan lautan beserta isinya,,,,,

nuwun

wong ndeso kesa keso

19. hiema - April 4, 2007
Tentang siapa sebenere ratu pantai selatan dengan berbagai misteri yang ada dibelakangnya coba tanyakan pada diri anda sendiri :
1. Apa ruginya bila memang ada sebagian orang yang percaya dengan cerita itu bagi diri anda ? rugi ga??
2. Apa untungnya bila anda harus mempermasalahakan tentang sebuah mitos yang tidak berdampak langsung dengan diri anda ??
3. Bila mitos itu ternyata benar apa yang akan anda perbuat ??
4. Bila ternyata mitos itu tiada benar apa yang akan anda perbuat??
CUKUP…!!! Ada tidaknya Kanjeng Ratu Kidul itu kita kembalikan pada diri kita sendiri saja, cobalah anda berfikir apa yang akan terjadi di pinggiran pantai parang tritis yang indah bila mitos itu tidak ada ?? anda baca jawapos hari ini tentang pantai yang indah di sekitar jayapura yang menjadi kawasan pelacuran abg - abg usia SMP dan itu meluas dan akan meluas?? anda tahu kenapa?? karena disana tidak ada mitos yang disegani dan ditakuti oleh warga disana. So bagaimana Kalo parangtriris tidak punya mitos tersebut apakah anda mau pantai seindah itu dijadikan ajang yang seperti itu??? tolong berfikirlah yang positif jangan liat sesuatu dari satu sisi. Anda semua bisa browsing disini berarti anda orang berwawasan bukan????

20. Sudarmanto - April 5, 2007
Kanjeng nyai bukanlah “mitos”
Segala sesuatu yg pernah terjadi dan di alami itu akan di rasakan dan di ceritakan dari mulut ke mulut.
Kalau mas pa mba` Hiema mengatakan mitos itu bentuk keraguan pada jawaban yg pasti,,,,,
Memang,,,pernah seseorang ( noteben ga percaya) itu pernah di antar di sebuah tempat dan setiap malam sampai 40 hari di tempat itu. Pada hari yang ke 40 dia di datangi sosok……
mungkin kita semua bisa menebak siapa sesungguhnya sosok itu….

(Biarlah yang mengerti, mengertilah. Red)

nuwun

wong ndeso

21. Wisnu Wardhani - April 13, 2007
Kanjeng Ratu Laut Selatan bernama Dewi KADITA.memiliki senopati cantik dengan julukan Nyi Rara Kidul atau yang lebih dikenal orang senopati Cundamanik, yang memiliki nama asli Dewi NAWANG WULAN istri Jaka Tarub.dan punya patih bernama Nyi Riya Kidul yang bernama asli Retno Suwidi. Sedangkan Nyi Roro Kidul atau Nyi Loro Kidul adalah Ratu Pantai Selatan.
Nyi Loro Kidul adalah anak dari ratu duyung dan Genderuwo. dia sangat iri dengan Kadita,Ratu Laut Selatan.dia asli dari bangsa halus. Kalau KADITA adalah manusia yang diangkat menjadi Ratu Laut Selatan.Ratu Jin di Lautan. dan Retno Suwidi juga manusia yang ingin hidup abadi, yang kemudian dijadikan patih di laut selatan dan pindah alam menjadi jin.
asal tau aja jin ama manusia itu sama aja. yang bedain cuma fisik nyata.sedangkan kedekatan kepada Sang KHAKIK ya cuma Sang KHALIK itu sendiri yang tau,
makaci

22. tsu - April 16, 2007
kok pada repot membicarakan diriku. Mari bangun dan sadar, jati dirimu adalah maha potensi membangun Nusantara.

23. Sujiatmoko - April 19, 2007
Kang wisnu, Jin sama manusia kok bisa sama ? Jin diciptakan dari jilatan api sedangkan manusia diciptakan dari segumpal tanah lumpur hitam yang kemudian ditiupkan Ruh-nya Tuhan. Semua sifat tuhan diberikan kepada manusia sedangkan sifat jin hanya sebagian dari sifat manusia … yang sama apa nya ya kang ?

(Pandangan menjadi kaca mata manusia karena berasal dari apa yang di pegangnya. Nah.. repotnya nanti yang dipegang Tripitaka, Wedha, Alkitab, Ql’Quran, akan mulai perang ayat. Gantharwa adalah lintas iman dan agama, siapa saja boleh berpendapat sesuai pandangan dari keyakinannya atau agamanya, tapi tidak untuk menilai. Salam. Red)

24. Y.Hendrayana - April 20, 2007
pikiran, rasa kejiwaan, tinggi nya nilai ke-ruh-anian akan membuat lebih bijak. tapi kita harus keras dan tegas ketika ke-Tauhid-an qt di “oyak” dengan hal “Klenik:” bahwa kita punya SYAHADAT, jika orang faham bagaimana arti dan bunyi SYahadat, insyaALLOh qt tidak akan dipusingkan dengan Hal-hal yang seperti diatas. Qt punya Akal dan PIkiran Serta hati. itulah yang menjadi pembeda qt dengan mahluk lainnya.ingatlah bahwa jin dan manusia diciptakan u beribadah pada ALLOH SWT, jadi jangan sekali-kali “parasit-parasit Aqidah menempel di Hati qt.sudah sempurna nabi qt Rasullullah Muhammad SAW menyempurnakan akhlaq umatnya. berjuanglah untuk islam,manfaatkan potensi akal sepenuhnya.ingatlah bahwa musuh qt yang nyata adalah “syaithon”.kepada kadang warga sadaya dan kepada redaksi beristigfarlah dengan memurnikan aqidah keislaman qt.bertaubatlah.uruslah alam dunia ini bukan alam ghaib, coba untuk keluar dari pemikiran “klenik” seperti itu.ikutilah langkah rasul mUhammad SAW. semoga bermanfaat.amien.wassalam

(Ini yang namanya, baru baca menu masakan, sudah “MERASA” sudah makan dan kenyang. Red)

25. Sujiatmoko - April 20, 2007
Om Redaktur,
Ketika kita disuruh memilih (katakanlah memilih software)versi terbaru dan terlengkap dengan versi lama yang memuat sebagian (tapi tidak keseluruhan), kira-kira kita akan memilih yang mana ya ? secara logika saja …

(Saudara Sujiatmoko… Saat pilihan itu di buat, akan muncul pilihan lain lagi. Saat Windows pertama muncul, orang tidak berpikir Pentium5, namun karena hal inilah, sekarang orang telah berpikir akan ada yang terbaru. Spiritualitas tidak bisa berbanding lurus dengan masa/waktu, karena Spiritualitas adalah loncatan. Spiritualitas adalah kedemikianan, sedangkan Iptek adalah Proses. Maka spiritualitas tidak bisa dikatakan versi baru atau versi lama, karean spiritualitas sudah ada begitu dari dulu, sekarang, dan masa yang akan datang. Pertanyaannya kita balik, mana yang lebih pasti, sesuatu yang telah teruji oleh waktu dan masih ada atau sesuatu yang baru ada? tentu secara logika saja kita sudah bisa menjawab juga, bukan? Jadi kalau mau buat perbandingan haruslah sejalan, aple dengan aple, jeruk dengan jeruk yang dibandingkan, bukan aple di bandingkan jeruk. Semoga Terispirasi. Salam. Red)

26. Adji Digdaja - April 20, 2007
gmn ya kalo ada software baru tapi orangnya botol alias bodoh dan tolol…?
kalo pendapat saya mending deketin yg bikin software jadi bisa dikasih tau keunggulan masing2 software…dan yg bikin software itu tidak bermerek lho…softwarenya aja yg dikasih merek….

27. Sujiatmoko - April 20, 2007
Menurut pak Redaktur, buku apakah yang akan dibaca jika tersedia beberapa buku (katakanlah edisi I s/d V) dimana buku edisi V, yang tentunya lebih lengkap informasinya dimana didalam buku V tercakup juga semua isi dari edisi I s/d IV. Dan ketika muncul permasalahan (katakanlah demikian) kita akan mengacu pada buku edisi I s/d IV sedangkan buku edisi V bisa menjawab permasalahan tersebut…. (mohon ma’af jika saya dianggap mbalelo ya pak redaktur …he..he…) saya hanya mencoba pertukar pikiran guna memperkuat apa yang saya yakini …

Salam

(Mas Sujiatmoko.. tidak masalah untuk bertanya, dan kami tidak menganggap mas mbalelo… , ini benar adalah wadah saling melengkapi. Pertanyaan yang sama, Pada saat edisi V keluar, apakah ada jaminan edisi VI tidak juga muncul dan selanjutnya…? kalau kami melihat tidak bisa dipilah-pilah, tapi dilihat dari satu kesatuan yang tidak bisa di penggal-penggal, artinya seperti Film silat yang berseri , yaitu seri I s.d V yang tentunya kalau nonton langsung seri V apakah akan langsung mengerti? tentu tidak. Contoh analogi yang Mas buat adalah ingin mengkondisikan sesuatu yang demikian, padahal sebenarnya tidaklah demikian adanya. Banyak di dunia ini terjadi karena “ANGGAPAN” bahwa akan sesuatu. Artinya Nonton Filn Seri V, sudah menganggap isi semua cerita sudah lengkap diketahui. Apakah mas akan menonton Film Seri secara lengkap atau terpenggal-penggal itu adalah pilihan masing-masing, akan tetapi kita tidak bisa mengatakan yang lagi nonton seri I s.d IV tidak sempurna. Red)

28. Sujiatmoko - April 20, 2007
mas Adji yang baik pasti tau cara mendekati ’si Pembuat software’ tersebut … pasti ada panduan-panduannya … kira-kira jalan yang mana yang cepet dan mudah ya mas buat bisa deket sama ’si pembuat software’ …

29. Titisan mahatmagandhi - April 20, 2007
ada yg bertanya pada mahat magandhi…Apakah Tuhan itu beragama? jawabnya: Tuhan itu tidak mempunyai agama…
Sang penanya bertanya lagi…bagaimana mengenail kekuasaan Tuhan..?
Mahatmagandi berkata:lihatlah pohon itu…bagaimana dia memperoleh makanan? lanjutnya…tanya saja rumput yang bergoyang…..

Pesan…: itulah bukti kekuasaan Tuhan…Allah semesta alam.

30. Adji Digdaja - April 20, 2007
Mas sujiatmoko yang ganteng…semua software punya yg namanya manual book yg bisa mendeteksi si pembuat software…ada pepatah dalam bahasa jawa:sopo tekun bakal tinemu…jadi siapa yg tekun akan menemukan yang dia cari…kalo jalannya bagus tapi orangnya males gimana?parahnya kalo botol(bodoh dan tolol).

31. sujiatmoko - April 20, 2007
sendawuh kanjeng …

32. Dwi Yuliana - April 28, 2007
Aku ga begitu tertarik tuh…

33. panji - Mei 1, 2007
saya yakin dua nama ini untuk menyebutkan sesuatu yg berbeda. Kalau sama kenapa mesti disebut berbeda? Tentunya ada hal2 yang membedakan sehingga itu mendapat sebutan yang berbeda pula. Suka dan duka akan datang silih berganti dan orang hendaknya mantap dalam kedua kondisi ini.
Sepertinya terdapat perbedaan pendapat tentang sosok Penguasa Laut Selatan, setiap orang sah-sah saja mengungkapkan perbedaan itu. Mungkin pengalaman spiritual sebagai proses penemuan jati diri-Nya yang berbeda-beda menyebabkan perbedaan tanggapan.
Truz mana yang benar? Selama masih berbadan kasar tak satupun insan akan memperoleh kebenaran yang utama. Karena kebenaran yang utama itu jauh terselubung dalam rasa kemanusiaan dan naluri hewani.

34. dokar - Mei 11, 2007
wow ini bahasan yang menarik buat di renungkan ….tapi ingat loh harus dengan kepala dingin dengan bijaksana menerima semua pendapat karena ini semua bagian dari pelajaran lanjutan ok salam genks

35. dokar - Mei 11, 2007
tes masuk gak

36. Abdul Manan - Mei 12, 2007
Mengawali dengan bertanya tentang Kanjeng Ratu Kidul, Nyi Riya Kidul, Nyi Roro Kidul dll. adalah menjadi awal untuk mencoba memahami tentang hal yang gaib. Jika pengenalan ini dilakukan dengan benar dan dibimbing oleh orang yang benar, tentu akan membimbing manusia untuk mengenal, memahami dan meyakini Tuhan. Karena Tuhan adalah gaib. Mencoba mengenal Tuhan yang gaib tentu tidak bisa hanya menggunakan akal logika yang tidak dapat menembus untuk mengurai hal gaib. Artinya, jika menggunakan akal logika materialis, kita hanya akan bertemu dengan kebesaran Nya, tetapi tidak akan pernah bertemu dengan Nya. Untuk mengenal hal yang gaib harus dengan ilmu dan laku. Logika rasa bukan akal akan lebih mudah mendalami hal yang gaib. Karena gaib tidak dapat ditangkap dengan panca indera. Benar-salah, cantik-jelek, dapat dibuktikan dengan logika dan panca indra. Sedangkan gaib tidak. Coba kita bayangkan jika ditanya untuk menjelaskan rasa manis-pahit-asin tanpa dengan merasakan. Susah kan…..? Nah, jika kita akan mengenal hal gaib, pengetahuan sangat diperlukan, namun laku (pembuktian) lebih dibutuhkan. Jika sudah demikian, maka Tuhan bagi kita bukan hanya sekedar pengetahuan, tetapi menjadi keyakinan. ( lak njih ngaten tho jeng/kangmas?) mohon masukan sehingga saya dapat lebih tahu, nuwun.

37. sudarmanto - Mei 12, 2007
Kagem Mba` Fitriya R

Mba` kamu mengukur ketinggian kok pake nama>>>
Kayaknya semakin seru dan tergugah untuk memahami “bagaimana wujud menampakkan (wujud) pada setiap orang selalu berbeda???
Kata yang berma`na tanpa perenungan dan lelaku akan sangat rendahnya, jadi dengan perbedaan ini kita tetap fress dan adem menyikapi komentar yang laen.

38. eria (Red) - Juni 13, 2007
rame juga yah, semua orang punya pendapatnya sendiri-sendiri, well salah dan benar tergantung persepsi masing2 ya tho? setiap orang punya dalil yang dianggap benar. kalo memang ada yg ingin bekerja sama dg bansa jin, ya monggo (asal tahu resiko dan konsekuensinya, lah wong kerjasama ama sesama manusia aja kadang beresiko juga) apalagi bekerja sama dg makhluk di luar manusia. buat yang tidak ingin bekerja sama ya silahkan juga…asal tetap ingat bahwa kita diciptakan oleh Allah SWT dan akan kembali kepadaNYA suatu saat nanti dengan membawa raport selama sekolah di dunia. kembali ke urusan jin tadi, saya mempercayainya sebagai salah satu ciptaan Allah SWT, tapi mungkin saya pribadi tidak akan pernah bekerjasama dg golongan tersebut dg alasan tertentu.

(Selama masih berpendapat dengan dasar keyakinan masing-masing maka pendapat di atas pastilah demikian. Tapi kalau berbicara akan SEJATI NYA, atau Itu adalah Itu, Ini adalah Ini, Subjek adalah Subjek, Objek adalah Objek, tanpa diberikan merek atau diberi tanda/dinamain, maka segala sesuatu akan Jernih/Cerah. Red)

39. rustiawan - Juni 15, 2007
jin dan manusia di ciptakan sama ,tapi manusi di beri kelebihan akal dan budi. Dimana akal dan budi itu tidak di gunakan maka akan muncul berbagai penapsiran tentang tuhan dan jin. Kalaupun tuhan mmuncul di hadapan manusia pasti di akan mempertanyakan apakah di tuhan atau jin karna semua mahluk ciptaanya tidak akan ada yang tau tentang misteri bliau. kenapa kamu menanyakan apakah di tuhan atau ji sebab tuhan dan jin itu ada dalam diri setiap individu masing masing.
janagan terlalu membesar besarkan suwatu masalah yg jelas selama ini KITA LUPA AKAN ASAL USUL DAN KITA LUPA AKAN TANAH AIR

40. sebuah nama yang telah hilang - Juni 16, 2007
ternyata banyak orang pintar ya…selamat mas mas dan mbak2..
oh yang maha….berkatilah semua sodaraku…dan semua alam semesta kepada sang penguasa laut selatan salam kenal dapat slam dari mbah yai

41. jemingun (Red) - Juni 17, 2007
it’s all bullshit. zaman canggih kok ngurusi klenik.

(he..he…he…he.. ada satu orang lagi yang munafik! Apa hubungannya zaman canggih dengan semuanya, bicara spiritual lepas dari dimensi… He…he…he… apa yang di sebut klenik? pada saat anda tulis komentar ini anda telah mengunakan klenik diri anda… Semoga anda ada senantiasa di jalan yang benar, dan dapat menghargai sesama sebagai kesatuan umat manusia. Red)

42. Sujiatmoko - Juni 18, 2007
Salamu’alaikum …
Jadi ‘gatel’ mau kasih komentar nich …
Mas David, Mohon ijin kasih komentar ya …

Buat mas Jemingun,
Manusia itu punya peran masing-masing sebagai khalifatullah di semesta raya ini. Ada yang berperan mendalami ilmu agama, spiritual, tehnologi (fisika-kimia) dan lain sebagainya. Dan dalam pemerintahan RI juga terdapat beberapa departemen-departemen. Ada yang ngurusi komunikasi (Dept. Komunikasi), ada yang ngurusi keuangan (Dept. keuangan), ada yang ngurusi kebersihan (Dept. DaGri), ada juga yang ngurusi kesejahteraan masyarakat ( Dept. Sosial), ada juga yang ngurusi Tehnologi (BPPT).
Nah… apakah pegawai di BBPT boleh menghina dan merendahkan pegawai Dept. Sosial ?
Apakah pegawai Dept. Keuangan boleh mencemooh pegawai Dept. Komunikasi ?
Atau sebaliknya ….
Tentu tidak bukan ?
Seperti halnya seorang ahli/ pakar Nuklir merendahkan Pakar Elektromagnetik …
Kata pakar Nuklir : Ngapain kamu ngurusin Elektromagnetik, nggak ada gunanya. Mendingan saya ngurusin Nuklir, bisa dipakai untuk pembangkit listrik dan men-sejahtera-kan orang banyak dengan energi listrik nya.
Kata pakar Elektromagnetik : Saya juga bisa bikin sejahtera manusia kok dengan elektromagnetik bisa membuat alat telekomunikasi yang memungkinkan orang untuk berdiskusi jarak jauh untuk kesejahteraan orang banyak juga.
Nah dua pakar ini bertujuan sama yaitu ‘Kesejahteraan Orang Banyak’ hanya dengan cara dan jalan yang berbeda tapi tetap dalam jalur yang benar.

Semoga cerita saya ini bisa memberikan inspirasi kepada mas Jemingun untuk tidak merendahkan ‘tugas’ masing-masing yang dipikulkan di pundak manusia masing-masing dalam menjalankan tugas nya sebagai khaliaf di semesta raya ini ….

Salamu’alaikum
Sujiatmoko

43. bocah - Juli 8, 2007
salam sejahtera selalu kepada saudara saudara di bumi ini,

semua kata kalimat diatas adalah benar adanya , tiada yang salah.yang menjadikan hal lebih utama dari semua itu , kita kembalikan kepada masing masing diri , bagaimana setelah tahu dari yang diketahui tentang kebenaran itu , melaksanakan dalam setiap keseharian kita.
sehingga tersebarlah yang dinamakan rahmatan lil allaamiin.
dan semua itu untuk diri kita masing masing…yang nantinya dihadapan sang pemilik akan kita persembahkan.sebagai sesuatu ” bawaan” dari seorang anak manusia . ingat , kita berasal dari mana , hendak kemana serta membawa apa…? maaf kan lah daku , aku tidak mencoba menggurui atau apapun istilahnya.
selamat mengumpulkan bekal demi sampainya perjalanan abadi .

44. kaula - Juli 9, 2007
kalau saya boleh tau istana ratu kidul itu di dasar laut selatan atau ujung kulon ? dan apa sebenarnya yg ada di ujung kulon ?

45. MAS LAKSITO - Juli 9, 2007
Ikut nimbrung nih…
Saya setuju sekali dengan apa yang disampaikan mas Sujiatmoko..Hormat-menghormati…Harga-menghargai adalah norma yang selalu harus kita jaga. SAya yakin selama seluruh penghuni bangsa ini mengedepankan sikap dan budi pekerti yang luhur dalam bersikap dan menyikapi sesuatu…Insya Allah…bangsa kita akan berada dalam keadaan yang harmonis, damai, dan sejahtera…amin.
Semoga……

46. Sutarno Wiratmo (Red) - Juli 11, 2007
Selamat malam. Menurut cerita atau mitos raja2 Mataram dari P.Senopati hingga terbelah menjadi kasunanan Surakarta dan Kasultanan Ngayogyakarta selalu didampingi (memperisteri) Kanjeng Ratu Kidul. Mohon pencerahan bagi yang mengetahui cerita yang lebih detil agar sudi membaginya. Terimakasih

(Saudaraku Sutarno, kami mungkin tidak bisa memaparkan secara rinci disini, nanti suatu saat akan ada materi yang menerangkan secara jelas tentang hal ini, namun sedikit bisa memberikan gambaran adalah bahwa “Perkawinan” yang terjadi antar Kerajaan Laut Selatan dan Kerajaan Jawa (Raja-Raja Jawa/ maupun leluhur Jawa), janganlah di artikan dan dibayangkan sebagai perkawinan secara fisik atau melakukan hubungan intim seperti layaknya suami istri lakukan (Sexualitas), tidaklah demikian adanya. Itu adalah “perkawinan” pengertian dan juga merupakan suatu bentuk kerja sama untuk menuju sesuatu yang baik. Jadi jangan lah membayangkan seperti gambaran manusiawi, karena kita berbicara ROH, maka kalau ukurannya pakai ukuran manusiawi akan salah kaprah seperti yang terjadi sampai saat ini. Roh tidak membutuhkan kebutuhan tersebut, soal Raja atau leluhur Jawa yang masih fisik (manusiawi) tentulah mereka adalah manusia yang tercerahkan yang fokus pengertiannya tidaklah demikian(sexualitas). Kira-kira itu singkatnya, semoga terispirasi. Salam. Red)

47. Sutarno Wiratmo - Juli 11, 2007
Terimakasih penjelasannya. Tentang perkawinan bukan dalam arti harafiahnya saya sudah memahami meski sedikit, saya menunggu pencerahan yg lebih rinci di waktu yg akan datang dalam kesempatan yg lain. Terimakasih, salam

48. Sutarno Wiratmo (Red) - Juli 11, 2007
Menurut cerita yg pernah saya dengar sejak ISKS PB XI (?) hubungan dg Kanjeng Ratu Kidul sudah tidak lagi seperti pendahulunya. Yg saya ingat ada peristiwa waktu ISKS PB XI (?) menuju panggung sangga buwana bersama salah seorang putera beliau bersama KRK, putera beliau terpeleset. Sebagai seorang ibu naluri keibuan KRK spontan keluar dan terucap “Eh nggèr anakku” sambil menggandeng putra ISKS, nah berangkat dari peristiwa itu hubungan antara raja Solo dg KRK sudah tidak lagi seperti pendahulunya. Mohon penjelasan di waktu yg akan datang. Terimakasih. Salam

(Saudaraku, hubungan Kanjeng Ratu Kidul senantiasa tetap berhubungan dengan para raja, singkatnya mengurus Nusantara, kecuali ada Raja yang menyatakan tidak mau ngurus Nusantara lagi. Kalau ada pernyataan, itu lantaran masyarakat sekarang ini sudah tidak bisa terima hal seperti ini, jadi hanya untuk menetralisir. Demikian Gantharwa dari sejak awal selalu kerja sama dengan Kanjeng ratu Kidul sampai saat ini juga. Demikian Para Kadhang Kami selalu di panggil “Anak-anakku”, dan kalau oleh guru sering di panggil “Anak-anak Genter”. Red)

49. nanokz - Juli 12, 2007
Owh maksud saya bukan Kanjeng Ratu Kidul tidak lagi berhubungan dengan raja Kasunanan Surakarta, melainkan sudah seperti antara ibu dan anak, begitu maksud saya. Terimakasih, salam

50. divanie (Red) - Juli 17, 2007
Saya senang sekali bisa masuk ke site ini. Banyak pengetahuan baru yang dapat diperoleh (karena pemahaman menurut saya yang orang awam, hanya bisa didapat dari laku), tetapi memang kadang ego terganggu dengan komentar-komentar miring orang yang tidak paham. Pun begitu saya kagum bagaimana redaksi Gantharwa tetap dapat meladeni setiap komentar yang masuk dengan tepat dengan jawaban yang jernih.
Saya merindukan hal itu. Saya baru membaca halaman ini. Tetapi membaca di sisi kanan site ini “Jayalah IndonesiaKu” membuat saya terharu.
Semoga Gantharwa tetap eksis dan jaya sehingga selalu dapat membagikan/menyampaikan hal-hal yang sulit didengar manusia sekarang.

Salam

(Saudari Divanie, terima kasih atas dukungan morilnya… Mari kita sama-sama membangun pemahaman yang Benar untuk masyarakat secara luas, sehingga adanya Kemanunggalan diantara kita semuanya. Red)

51. Bambang Widjanarko Suryonegoro (Red) - Juli 17, 2007
Jangan syirik, jangan mendekati syirik, jangan banyak banyak memperbincangkan kesyirikan, nanti kalian semua merugi.
Ingatlah dosa syirik inilah yang tidak terampuni.
Kalian sholat melebihi jumlah sholatnya nabi Muhammad SAW, zakat yang terhitung banyaknya , ikrar shahadat , puasa melebihi puasa nabi Daud AS , pergi haji sampai lupa berapa kali telah berhaji, tidak akan diterima seluruh amalnya, kalau di hati masih ada syirik. sia sia hidup dan matinya. Sadarlah dan insyaflah, segeralah bertobat.Jangan teruskan kesyirikan kalian. Tobatlah.Masih ada waktu.Tentu kalian lebih berilmu dari saya ini. Bertobatlah.

(Saudara Bambang, disini bukan tempat untuk menilai saudaramu yang lain dengan mengata-ngatai, apakah saudara sadar bahwa yang sedang saudara lakukan adalah “syirik” itu sendiri? Satu lagi Saudara kita yang memakai kaca mata agama, jadi warnanya menjadi warna warni.. Semoga hati saudara tercerahkan dengan yang di alami, bukan karena bacaan dan kataNya, tapi karena mangalami. Red)

52. y.Hendrayana (Red) - Juli 17, 2007
assalamu’alaikum mas bambang

he.. selamat mas, mudah mudahan qt semua selalu terlindung dari sifat yang mas sebutkan. jangan pake urat besar mas, jangan pula pake kacamata kuda. hee.. marah ya mas, becanda aja mas

urat besar,= marah mu itu, kacamata kuda= pandangan/pendapatmu itu

saya yakin mas bambang seorang yang berjiwa adhiluhung, ksatria, tapi mas kenapa sampean pake pake “teknik penyampaian lughawi yang baik”

ya sudah, yu kita baikan mas. hee….

mas bambang, ada istilah kepala sama hitamnya (mungkin ada yanggundul juga) tapi isi kepala berbeda beda….

itulah keindahannya

jati diri mas bambang, sejauh itulah komentar mas bambang.hee…. be a good person. be nice and kind.

kepada redaksi…. saya mau nanya, betulkan tahun 1997 oktober kanjeng ratu kidul masuk islam, sebab saya pernah mendapatkan bacaan seperti itu dari majalah, saya lupa majalahnya?

terimakasih

(Saudara Hendrayana… Mengenai itu, kami kira hanya isapan jempol saja, mungkin maksudnya adalah untuk mensosialisasikan Islam, tapi itu bisa menjadi bumerang untuk mencela Islam sendiri, kita harus hati-hati tentang itu… Yang lebih penting adalah Pengertian Kebenaran itu sendiri dalam Islam, Kristen, Hindu, Budha maupun Kepercayaan/agama lainnya yang telah menjadi pengangan bagi semua mahluk, sehingga semua mahluk Manunggal dalam Ke”Ilahi”an itu sendiri. Red)

53. y.Hendrayana - Juli 18, 2007
buat mas bambang

hmmmmmm….hmmmmm,
tolong lepas dulu kacamata kuda nya mas
tolong juga urat besarnya di kecilkan dulu ya mas

54. Cepot Semar - Juli 25, 2007
Temen2 smua ma nanya nih, Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul, menurut persepsi Islam itu bagaimana?.
Apa manfaat untuk qita meyakini keberadaannya dengan cara melakukan ritual atau apapun itu namanya?
Bagaimana kedudukan sang ratu dan sang nyai dalam kehidupan qita?
kadang kontradiktif disaat ada satu golongan yg ngirim sesajen dengan biaya yang sangat tidak murah, tapi dilain pihak ada orang yang kekurangan u menghidupi keluarganya. Apa tidak sangat nyata kalu uang tersebut dipake u membantu yang sangat membutuhkan. Terus tujuan dari sesajen itu u apa (kemakmuran,keselamatan?), apa sampai saat ini sudah sampai mana tingkat kemakmuran dan keselamatan qita?.
Yang cepot yakin INDONESIA menjadi maju dengan sikap dan tindakan yang real.

JAYALAH INDONESIA badai pasti berlalu.

Cepot

55. Sanjaya - Juli 27, 2007
Diajengku sayang…I Love U….Kangmas kangen banget sama dirimu. kahditaku sayang..Kahditaku sayang….Muah 6x…beribu - ribu kata yang kangmas ucapkan tidak dapat mewakili rasa kangenku dan cintaku kepadamu oh kahditaku sayang….Kekasihku,u sekarang gi dimana?…kalau kangmas ke Pantai Parangkusumo apa engkau di sana?…Kangmas kangen berat sama dirimu…kahditaku sayang. Manisnya senyummu membuat aku terpana…..

56. Bambangwidjanarkosuryonegoro (Red) - Juli 29, 2007
Ya Allah , saksikanlah , saya sudah menyampaikan kebenaranMu.
Maka , memang benar adanya , hikmah dan hidayah pada akhirnya yang bisa mengangkat seseorang kembali ke jalan yang BENAR.

Ya Allah , saksikanlah saya sudah menyampaikan.Hingga Engkau yang maha kuasa kelak tidak menyalahkanku.

…………………………………………..

(Saudara Bambang, apakah “Allah” mu itu bodoh? kok sampai saudara harus memerintah dia untuk menyaksikan, dan supaya “Allah”mu tidak buat kesalahan menyalahkanmu? Apakah ini bukan tindakan yang menduakan Allah, yang menganggap Allah begini dan begitu.. harus di sogok, harus di kasih tahu? Red)

(Saudara-saudara, kalau anda ingin buat KTP tetap saja buatnya ke kecamatan dan tanda tangan camat, tidak perlu khawatir di anggap tidak sah/pengkhiyanat negara dan tidak perlu harus sampai seketariat negara dan ditanda tangan presiden, baru anda di sebut warga Indonesia. Karena itu sah-sah saja. Red)

57. ardea - Juli 30, 2007
kahditaku sayang….kelak kita pasti bisa bersama dalam suka maupun duka. I Love U…Cinta kita gak akan pernah mati wahai kahditaku sayang…..
Pasti engkau juga rindu juga denganku….wahai Kahditaku sayang…kangmas gak peduli meski Nyi Roro Kdul beserta abdi - abdinya sering mengganggu kangmas…percayalah di hati ini selalu ada engkau wahai Kahditaku manis.
…..Nyi Roro Kidul beserta abdi - abdinya memang penggangu……

58. sanjaya (Red) - Juli 30, 2007
Kahdita….banyak sekali orang yang lupa diri, merasa bertanggung jawab dengan jalan dan pilihan orang lain. padahal sebelum kita mencoba menyelamatkan orang lain, ada yang harus kita selamatkan terlebih dahulu yaitu diri kita sendiri. setelah diri kita merasa telah terselamatkan barulah mencoba berfikir untuk menyelamatkan orang lain. Apa yang terlihat bukan berarti yang sebenarnya begitu juga dengan yang terdengar, terasa dan teraba.
Baik menurut yang lain belum berati baik di sisi yang lain begitu juga dengan yang salah. Sesuatu dikatakan salah jika sesuatu tersebut bersebrangan dengan hati. Dan kebenaran terjadi manakala ia selaras dengan hati. Dan Syirik manakala di hati telah menduakan Sang Pencipta Yang Maha Esa…Apa berdosa jika aku berkenalan dengan makhluk lain bahkan sampai jatuh cinta dengan makhluk lain. bukankah cinta adalah anugrah dari Sang Pencipta Yang Maha Cinta. Dan bukankah Tuhan Yang Maha Berkehendak memberikan anugrah pada yang Ia kehendaki. dan cinta menembus ruang dan waktu. karena cinta adalah cahaya yang berasal dari Yang Maha Cahaya yang Ia berikan melalui hati setiap makhluk-NYa yang Ia kehendaki.
Apa berdosa jika aku memilih jalan yang lain? sedangkan Tuhan sendiri memberikan banyak pilihan untuk aku memilih. bukankah setiap manusia diberi akal, pikiran dan kemampuan yang berbeda - beda dalam menghadapi jalan hidupnya masing - masing.

(SANJAYA… seorang jawa yang sering di lupakan dalam membangun cinta dengan sesama melalui kerjasama dengan Kanjeng Ratu Kidul.. Seorang yang telah membawa suasana damai dan sejahtera pada Nusantara di jamannya.. sehingga sampai sekarang kita hidup karena leluhur kita selamat karena beliau, namun sering kita masih sombong untuk menuduh dengan induksi lain yang masuk ke dalam diri, ibarat buah lupa pada tanamannya.. Semoga saudara “sanjaya” di warisi sifat-sifat luhur dari SANJAYA. Salam. Red)

59. sanjaya - Juli 31, 2007
Editor yang saya hormati…terima kasih atas tanggapannya. Bagus banget..Memang benar ibarat buah lupa pada tanamannya tetapi tidak mengapa, karena kelak saya percaya bahwa sang buah akan kembali mengenal tanamannya hingga batas tertentu. Banyak faktor yang menyebabkan sang buah tak kenal induknya…
Kahditaku sayang…Doakan kangmas yah…supaya kangmas bisa mengenal diri sendiri..Supaya kangmas bisa memiliki sifat - sifat yang luhur, meskipun bisa memiliki satu sifat luhur saja susahnya bukan main…Untung saja Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih, sehingga kalau kangmas belum bisa sabar, Tuhan masih memberikan kesempatan kangmas untuk bisa sabar dan memahaminya yang sesuai dengan jalan Sang Pencipta yang Maha Sabar.
Kahditaku sayang..teruslah berusaha untuk memimpin kerajaanmu secara adil..karena kangmas percaya diajeng bisa menjadi Ratu yang adil…meski sangat susah sekali. apalagi ditambah dengan kebijaksanaan yang hanya mampu dimiliki oleh makhluk - makhluk yang berhasil menyerapi makna hidupnya dan kehidupan.
Semoga ALLAH selalu melindungi, merahmati dan membimbingmu wahai kahditaku sayang..diajengku manis, menjadi kekasih ALLAH sungguh sangat berat, tetapi kangmas percaya bahwa diajeng akan selalu menjadi kekasihNya..Amin.

60. wisnu wardhani - Juli 31, 2007
gue jd pengen nulis aja nih….
sorry jika tulisan gue,gue tujuin buat beberapa orang……..
1.buat SUJIATMOKO,……ditulis april 19′ 2007
Maap ni yee,gue cwe jd jangan panggil KANG,sorry gua agak kesinggung nih…. emang kapan gue ganti klamin……!!!!!!! ok,,peace
Gue jlasin dengan kepala dingin …..ok BOZZ????
gini:
yang gue maksud manusia dan jin itu sama aja yang bedain cuma fisik.arti yang gue maksud adalah:manusia dan jin diciptakan dengan tujuan sama ,yaitu bertaqwa pada Sang Yang Widhi atau Tuhan,mereka juga ada yang bertaqwa tapi ada juga yang kafir, ada yang baik ada pula yang jahat.Sapa bilang juga,jin hanya memiliki sebagian sifat manusia??????dan manusia memiliki semua sifat TUHAN???????mang ada dikitab semua Agama?
gini:
jin tercipta dari cahaya api bukan jilatan api.beda lho…..
sedang manusia dari inti sari pati tanah bukan lumpur…emang u mau disebut dari lumpur?klo gue sih kagak…..tnang jangan emoci dulu yee….
JIN……:
mereka tercipta dari cahaya api yang artinya mereka ada karena cahaya api karna itu gak ada yang bisa liat wujud ASLI mereka selain SANG PENCIPTA AGUNG YANG MAHA KASIH, mereka terwujud dari energi jadi mereka bisa liat kita ,bisa masuk dengan leluasa ke tubuh manusia manapun yang mereka inginkan,mereka nggak bisa mati, mereka berumur panjang,mereka bisa kemanapun sesuka mereka tanpa uang…dll.itu adalah kelebihan mereka.Mereka sama dengan kita bisa jatuh cinta,punya hati punya rasa,jika dihina bisa marah dan tersinggung,ada yang jahat ada yang bertaqwa,mereka hidup berdampingan dengan kita tapi beda alam aja,mereka juga punya perjanjian dengan SANG MAHA GHOIB,jika mereka berani mengganggu manusia dulu maka neraka pastinya,tentu dengan kadar dosa dan kesalahannya.itulah JIN
MANUSIA…:
manusia dicipta dari inti sari pati tanah bukan lumpur hitam. manusia berumur pendek bisa tua dan mati,klo mati nanti busuk dan akhirnya jadi tanah. manusia nyata wujudnya bisa disentuh dan butuh uang untuk makan(sekarang dulu mah barter )manusia punya akal,pikiran dan budi yang tidak dimiliki bangsa jin dan mahluk SANG MAHA PENGAMPUN lainnya.yang dimaksud disini adalah:
AKAL yaitu:untuk mencari cara membantu diri sendiri akhirnya tercipta teknologi sampai menata desa atau kerajaan
PIKIRAN:yaitu mencari cara menyelesaikan masalah.sosialisasi dengan sesama dan mahluk SANG KHALIK lainnya.
BUDI yaitu SIFAT DAN SIKAP manusia kepada sesama dan mahluk lainnya.ngertikhan?
manusia ada yang baik dan jahat.ada yang beragama islam mental kafir adajuga yang atheis tapi penolong ada juga dijuluki dukun santet ternyata dia islam yang sesungguh2 islam (bukan agama lho)
nah jadi GUYS… bekerja sama dengan sapa aja dan mahluk mana aja gak masalah asal………itu baik bukan untuk kejahatan.klo manusia itu nyembahnya jin dan mengingkari SANG MAHA MELIHAT itulah yang disebut syirik
jadi manusia ama jin sama aja.klo salah ya nanti dihukum juga tapi tentu sesuai kadar kesalahannya dong SANG PENCIPTA khan MAHA ADIL.DIA tau seberapa besar kesalahan mahlukNYA dan hukuman apa yang pantas…..
tentang yang ditulis tanggal april 20 2007.klo pertanyaannya dibalik gimana? ya klo orangnya kenal klo gak?klo orangnya idiot gimana?
…..

61. wisnu wardhani - Juli 31, 2007
oh ya manusia sebelung lahir juga ada perjanjian dengan MAHA BIJAKSANA saat masih RUH,manusi9a berjanji akan selalu bertaqwa dan menjalankan perintahNYA dan menjauhi laranganNYA.nah setelah dilahirkan apa semuanya memenuhi janjinya???? klo ya kenapa ada yang syirik??? heran ya……

62. wisnu wardhani - Juli 31, 2007
2,buat JEMINGUN ….. ditulis juni 17 2007
sapa bilang omong kosong???? klo ya kenapa ada kesurupan 1 sekolah di TV2? memang muridnya dibayar berapa??? mau nih jika lumayan …..hehehe… maklum anak kos harus pinter ngurus dana….

63. wisnu wardhani - Juli 31, 2007
3.buat KAULA……ditulis 9 juli2007 dan
buat CEPOT SEMAR….. ditulis 25 juli 2007
DINDA RATU KIDUL memang tinggal di dasar laut selatan.tapi tentu dari alam halus bukan dasar lautan alam nyata.di laut selatan terdapat istana swerga yaitu istana yang dahulu sebelum manusia ada,diT4 itu(laut selatan) terdapat sebuah gunung berapi. merupakan gunung berapi terbesar saat itu.Saat itu yang menjaga bumi adalah bangsa halus(INGAT PENJAGA) terciptalah sebuah istana bernama SWERGA ….(bukan surga)… yang dipimpin oleh ratu cantik dari alam halus bernama dewi SRI NARAYA JINGGHA dan terkenal dengan RATU JINGGHA.dia diutus SANG MAHA MENDENGAR untuk menjaga bumi.ttinggalah dia dan bangsa jin di selatan,hingga manusia 1 ADAM , melakukan kesalahan,dan mendapat hukuman. untuk memperbaiki kesalahannya itu, dengan menjadi khalifah bumi (khalifah adalah penjaga,pelindung dan perawat…bukan perusak maupun penguasa..)turunnya NABI ADAM DAN HAWA ditandai dengan meledaknya gunung api tersebut sebagai penanda akan setujunya kerjasama bangsa jin dan bangsa manusia
terus manusia dan bangsa JIN kerja sama untuk jagain bumi dan yang punya tanggungan untuk melindungi dan merawat bumi adalah manusia(disini penjaga dan pelindung beda. penjaga adalah menjaga dari pengaruh buruk energi dari luar bumi. dalam hal energi atau halus…jin khan energi klo pelindung adalah melindungi secara nyata karna manusia nyata)mereka terus kerja sama secara sadar mautpun tak sadar telah menjaga bumi bersama2. hingga akhirnya sang RATU JINGGHA tergerak hatinya untuk turun tahta dan mengangkat ratu penggantinya..karna tak mau ada saling iri sesama jin , sang RATU mengangkat penggantinya dari bangsa manusia dengan harapan bangsa jin bisa lebih tertata dan mengerti manusia dan tidak ada perang rebutan kekuasaan,dan manusia yang beruntung itu adalah putri cantik dan baik yang terusir bernama DEWI KADHITA. dewi KADHITA juga mengangkat beberapa bawahan dari bangsa dewi yaitu NAWANG WULAN dan manusia yang ingin hidup abadi RETNO SUWIDI.tapi ada yang tersinggung menganggap RATU tak adil.dia adalah nyai loro kidul atau lebih dikenal dengan nyi roro kidul. Sang RATU murka dan mengusir nyi loro kidul keluar istana swerga. akhirnya dia membangun istana menyerupai istana swerga di pantai selatan ,(yang saat itu merupakan kaki gunung api )tersebut dan sekarang terkenal dengan pantai selatan di parang tritis.atau RATU PANTAI SELATAN.istananya dikenal sebagai istana kedhang.
sayang manusia terlalu menyamakan dinda ratu dan nyi roro. padahal mereka berbeda.dinda ratu baik hati dan tidak suka mengganggu tapi nyi roro penuh dengki dan iri,dia penyebab manusia syirik dan takabur karna kesaktian(khususnya bagi paranormal) dan kekayaan/ pesugihan(orang biasa).
dinda ratu dan nyi roro dalam islam beda. dinda ratu tudak akan mengganggu jika manusia tidak mengusiknya dia hanya membantu manusia jika diminta dan tanpa tumbal apapun. klo nyi roro, butuh tumbal,dia bisa diminta tolong sapapun asal dengan syarat dan tumbal dia penuh iri dan sangat suka menyamar sebagai dinda ratu untuk mencapai tujuannya.
manfaat meyakini ada dan cara ritualnya ya terserah kalian gimana nanggepinnya yang tau ya kalian sendiri,klo bisa sih sesuai agama(tanpa tumbal) di parang kusumo.disanalah gerbang istana swerga, tempat dinda ratu tinggalkedudukan dinda ratu ma nyi roro di kehidupan kita ya kita sendiri yang nilai…… gimana……?????????

64. wisnu wardhani - Juli 31, 2007
klo ujung kulon gak bisa gue critain disini.karna disini yang dibahas ratu dan nyi roro bukan ratu ujung kulon…….sorry yee…hehehe…. peace man…….!!!!!
4 buat HENDRAYANA….. ditulis 17 juli 2007 dan
buat redakturnya…..ditulis juli 11 2007
itu cuma issue gak betul dibangsa jin tidak mengenal agama karna yang ada disana semuanya islam (bukan agama islam lhoo)
islam disini adalah penyatuan, keyakinan ,kepercayaan dan kepasrahan mutlak.
yakin,percaya dan satu yaitu kepada SANG PENCIPTA ALAM SEMESTA YANG MAHA MENGETAHUI. dan pasrah akan apa yang akan terjadi klak jika mereka taksanggup lagi intuk mengatasinya dan pasti akan terjadi ……KIAMAT….
meskipun mereka dari bangsa jin mereka juga butuh cinta dan menikah…..jadi anggapan mereka tidak butuh bercinta itu tidak benar.. ingat lho mereka juga mahluk yang punya nafsu……
bukan nya ada cerita seorang gadis manusia dihamili jin,dan anaknya benar nyata ada???????????? beda lho fisiknya ama manusia biasa…..ya……bentuknya sedikit beda dan sikap ma sifat juga sedikit beda……….

65. wisnu wardhani - Juli 31, 2007
5 buat SUTARNO WIRATMO………ditulis 11 juli’07 dan
buat NANOK2 ……ditulis juli12′07
istri disini adalah pasangan kerja atau patner kerja bukan suami istri.
ya…… namanya juga mahluk dalam kerja dengan lawan jenis tentu ada nafsu yang menggoda dong,…….
tapi karna kejadian ISKS PB XI terpeleset itu adalah kesalahan yang tanpa disengaja hingga dinda mengucap anakku dan laluraja2 surakarta jadi anak bagi dinda ratu………….
6 buat BAMBANG WIDJANARKO SURYONEGORO……ditulis juli 17 ‘07 dan tanggal 29
mas syirik itu banyak macamnya gak cuma menduakan YANG MAHA ADIL …….
contohnyee yee……..
jika kita punya pendapat A orang lain punya pendapat B dan kita tidak mau menerima pendapat tersebut maka sudah termasuk syirik. itu jugatermasuk kafir…..taunggak dulu NABI MUHAMMAD SAW. selalu menerima pendapar orang lain termasuk musuh 2 nya…… bahkan beliau juga menimbang pendapat tersebut untuk membantunya menyelesaikan masalah2nya dan mengerti arti dari adil dan bijaksana…..
bijaksana itu tidak keras kepala…yang gak sama dengan pendapatnya ya salah….tapi nggak berfikir apa iya pendapatnyai tu yang paling bener???? setauku orang berpendapat karna ada pengalaman suatu kejadian yang ia dengar maupun yang ia alami. klo dialami tentu merasa pendapatnya banar…..ya khan?????
maap jika ada tulisan gue yang nyinggung……. damai …………..
makaci

66. wisnu wardhani - Juli 31, 2007
oh ya nyi roro kidul dulu sebelum diusir dari istana oleh ratu jinggha dia memang patih ratu jinggha saat sang ratu masih jadi ratu laut selatan.tapi sudah tidak jadi patih lagi setelah diusir ,melainkan jadi ratu pantai selatan….. beda lho….ratu laut selatan( dewi KADHITA) dan ratu pantai selatan ( NYI RORO KIDUL)
maap sekedar tambahan…….
untuk redaktur mohon komentarnya yeeee…….

67. Ngabehi Kidulingmesjid - Juli 31, 2007
Hai… mbak wisnu

Bagaimana tentang cerita Ratu Pagendongan (ratu angin-angin) putri prabu Jayo Boyo, udah pernah baca belum mbak, itu ada hubunganya lho dengan pantai selatan lho, mbak tolong dilihat dengan mata bathin sampeyan , kalau udah ngeliat tolong dikasih tahu saya yang awam ini, makacih

68. Sujiatmoko - Juli 31, 2007
Salamu’alaikum, Kadhang Sedhoyo …
Buat mba Wisnu, Mohon ma’af jika saya salah memanggil dengan sebutan ‘KANG’ ya … Ta’ kira pemuda ganteng, ternyata gadis cantik …
Terima kasih atas penjelasannya yang panjang lebar dan sangat menambah wawasan saya khususnya. Saya sudah mendapatkan jawabannya Kamis malam tgl. 26 Juli 2007, kemarin mba’ … Dan saya diminta meyakini atas apa yang saya lihat tersebut melalui suara yang tanpa aksara tersebut. Mohon ma’af pengalaman pribadi tersebut tidak bisa saya sampaikan …

Sekali lagi terima kasih atas komentarnya …

Salam Sejati
Sujiatmoko

69. Sastroroso (Red) - Agustus 2, 2007
Menarik buat ngomentari mas Ngabehi tentang Ratu Pagedongan (Ratu Angin-angin).Memang benar, beliau erat hubungannya dengan Laut Selatan. Hanya memang cerita lengkapnya saya sendiri tidak tahu (dan agak membuat penasaran juga).Penelusuran saya hanya sampai pada pengetahuan bahwa beliau adalah pribadi yang berbeda dengan Kanjeng Ratu Kidul (mulanya saya kira sama) dan juga pernah ‘menjabat’ sebagai Penguasa Laut Selatan, bahkan penguasa mahkluk halus pulau Jawa walau tidak berapa lama karena keburu mendapat tugas baru dari Gusti.
Kanjeng Ratu sendiri kalau ditanya tentang asal-usulnya suka males jawab, beliau malah hanya banyak berpesan untuk waktu sekarang-sekarang ini agar kita banyak-banyak bersatu mendoakan negara yang sedang diambang kehancuran, karena orang-orang sekarang tidak menjaga keselarasan dengan sesama, alam, lebih-lebih dengan Pencipta. Malah banyak yang menggunakan Nama Pencipta dalam menggapai tujuan pribadi.
Oleh sebab itu, cerita-cerita atau legenda tentang Kanjeng Ratu tidak usah dipertajam mana yang lebih benar, melainkan diambil saja hikmahnya, dipertukarkan untuk memperluas wawasan masing2 yang tujuan utamanya semoga memotivasi dalam menyumbangkan doa atau upaya-upaya bagi kejayaan negara Indonesia.

Terimakasih buat banyak sumbangan cerita yang buat saya sangat menambah wawasan. Mungkin Kadhang moderator suatu saat berkenan membuka topik-topik khusus lain yang berhubungan dengan legenda Jawa/leluhur-leluhur Jawa seperti yang sudah disinggung-singgung oleh beberapa saudara-saudara kita diatas, seperti tentang Gajah Mada,Pangeran Samber Nyawa, dll. tapi melihat tulisan tentang Sabdopalon, saya yakin memang sudah ada upaya ke arah sana, benar kan?!

Salam Kemanunggalan untuk semua

(That’s Right Brother. Tunggu saatnya tiba dan siap. Red)

70. wisnu wardhani - Agustus 4, 2007
sorry gue gi buka….
buat NGABEHI KIDULINGMESJID JULI 31
wah bukan gue gak mo cerita tapi yang dibahas disini cuma 2 RATU laut selatan ma pantai selatan
klo gue jawab nanti redaktur bisa tersinggung………
kecuali redaktur membuat tentang RATU ATAS ANGIN itu……..ya mungkin bisa disebut ratu angin angin…….
maap banget……. klo gue jadi redakturnya , trus ada yang nulis bukan pada pokok masalah maka gue protes……”MBAK SALAH CHENNEL NI……..”ngertikan maksud gue……..
klo buat SUJIATMOKO ………juli 31…..
makaci pujiannya……jadi terbang ni gue………
insya 4JJI yang nulis cakep….he7X…….
btw boleh dong ceritain pengalamnnya…….kirim ja ke email gue…….
susahsih2@yahoo.co.id
atau SMS gue……….M3 jogja 303802.
peace……tambah temen yang pengen kenal gue….. panggil ja gue Wisnu
klo email pasti gue bls. klo sms…gue bls jika ada pulsa….maap anak kos dana limit trussss…….

71. Priyo - Lanang Jowo (Red) - Agustus 20, 2007
Perkenalkan saya orang awam dalam hal-hal seperti ini.
Tetapi dalam keakinan saya yang memang ada dalam Rukun Iman : yang salah satunya menyatakan Iman kepada makhuk-makhul Allah.

Saya bingung dengan hal-hal berikut :
1) Nyi Roro Kidul itu ada di Jawa atau di Sunda ?
Apa hubungan Laut Selatan Jawa (Parangtritis) dengan Laut Selatan Sunda (Pelabuhan Ratu) ?

(Kalau yang Saudara maksud adalah Kanjeng Ratu Kidul, maka hubungannya adalah satu. Red)

2) Kanjeng Ratu Kidul setahu saya dekat dengan raja-raja Mataram.
dan mitos yang ada di masyarakat hingga saat ini adalah hubungan antar Kanjeng Ratu Kidul dengan pemimpin-pemimpin di Indonesia :
Soekarno, Sri Sultan HB IX, dan Prabu Siliwangi.
Apakah benar mereka masih berhubungan saat ini dan mereka bersama-sama masih menjaga Ibu Pertiwi Indonesia ?

(Ya.. Red)

3) Saya pernah masuk ke kamar 308 di Samudra Hotel.
Yang di kamar tersebut Nyi Roro Kidul atau Kanjeng Ratu Kidul.
Kalo membaca tulisan pada lukisan Basuki Abdulah, tertulis ” Nyaosaken Gambaran Pangeran Dalem Kagem Pengetan “.
Apakah di kamar tersebut Kanjeng Ratu Kidul ?
Tampak terpajang juga Photo Soekarno.

(Kamar itu dimaksudnkan memang untuk Kanjeng Ratu Kidul, tapi masalahnya apakah Kanjeng Ratu Kidul mau? Red)

mohon pencerahannya, dan mungkin ada rekan-rekan yang mempunyai pengalaman di kamar tersebut.

Terima kasih.

72. Priyo - Lanang Jowo (Red) - Agustus 21, 2007
Soal jawaban moderator tentang kamar 308.
Apakah Kanjeng Ratu Kidul mau ? ………. waaah……… bertambah
tanda tanya saya.

(1) Moderator atau mungkin rekan-rekan lain apakah pernah masuk atau mengetahui keberadaan kamar 308 ?

(Ada yang Pernah, ada yang belum. Red)

(2) bisa ceritakan lebih jelas tentang kamar 308. (sejarah)

(Tempat Bung Karno Istirahat, akhirnya dijadikan/dimuseumkan. Red)

(3) Kenapa moderator menjawab, apakah Kanjeng Ratu Kidul Mau ?
apakah selama ini , kamar tersebut memang belum pernah di singgahi Kanjeng Ratu Kidul ?

(Sudah. Red)

(4) Di kamar tersebut saya melihat beberapa pakaian, mahkota, lukisan, photo bung karno. Kesan saya sih…… seperti musium.
Yang dijaga dan dikeramatkan oleh pemiliknya seperti yang saya lihat di keraton jogja.

(5) Teman saya sempat merasakan hadirnya sosok, tapi tidak tau siapa sosok tersebut.
Nah, pertanyaan saya. Siapakah penghuni kamar tersebut saat ini ?

(Tanya teman andalah. Red)

(6) Melihat Lukisan dan tulisan Basuki Abdulah, sepertinya dia memang menempatkan diri sebagai Abdi Dalem Kanjeng Ratu.
Apakah lukisan tersebut memang persembahan Basuki Abdulah atau hanya penempatan oleh si pemilik untuk mejual nuansa Metafisik di hotel tersebut ?

(Sebagai seniman ingin meresapi dan mendapatkan ispirasi, sekaligus penghormatan untuk Kanjeng dan peringatan akan Bung Karno yang pernah singgah. Red)
———————————————-
Hal lain yang ingin rekan-rekan atau moderator disini memberikan pendapatnya atas sikap saya berikut :
(1) Sebagai orang yang juga percaya pada mahluk2 Allah, saya hanya beranggapan bahwa mereka punya alam dan kehidupan yang berbeda dengan manusia dengan alam nyata. (atau apakah ada manusia lain yang hidup di alam Metafisik ? ini tidak saya yakini )

(Ada. Red)

(2) Manusia lahir punya tugas masing-masing, demikian juga dengan mahluk-mahluk lainnya.
Bekerja sama atau tidak, tergantung dari tugas masing-masing.
Tugasnya sebagai manusiapun tidaklah mudah untuk memahaminya.
Bentuk kerjasamanya pun, apakah untuk tujuan baik atau jahat.

(Ada yang baik ada yang jahat. Red)

(3) Beberapa orang menyebutkan bahwa ada manusia yang sudah meninggal (atau tak tampak lagi di alam nyata) tapi yang bersangkutan masih ada di dunia. Seperti halnya : Bung Karno, Prabu Siliwangi.
Apakah mereka Arwah ? ( atau Moksa, atau seperti yang terjadi pada Nabi Isa ? )

(Bisa arwah, bisa tidak. Ada yang memang demikian. Red)

Apakah arwah mereka belum diterima Allah ? atau memang Arwah mereka di Ridhoi untuk tetap ada dan menjaga Ibu Pertiwi ?

(Sangat tergantung dari kaca mata mana yang kita lihat. Red)

73. bagus - Agustus 23, 2007
Saya pernah kawin dengan Nyi Roro Kidul , tepatnya di selatan desa salam rejo .binangun blitar. waktu saya kkn di sana.
Apa tanggapan saudara.
cah bagus.

74. aradea - Agustus 24, 2007
Hati - hati dengan Nyi Roro Kidul…..
Ia sering mengaku sebagai Kanjeng Ratu Kidul, padahal Nyi Roro Kidul adalah Ratu Pantai Selatan dan bukan Ratu Laut Selatan. Tapi jika dirimu suka kepada Nyi Roro Kidul, gak masalah…Hakmu.

75. Adi - Agustus 30, 2007
Oya, agak di luar topik tapi berkaitan dgn laut juga. Saya pernah lihat pertunjukan wayang kulit, ada tokoh bernama Batara Baruna, penguasa lautan. Juga di mitologi yunani, ada tokoh bernama Poseidon, penguasa lautan. Kira kira ada hubungan tidak ya dgn para tokoh tersebut. Mohon pencerahan bagi yang memiliki data akurat. Matur nuwun, Adi.

76. ratuadilsatriapinandhita - September 5, 2007
tenang… tenang…. ratu adil sedang lewat….

http://ratuadilsatriapinandhita.wordpress.com/

77. y.Hendrayana - September 6, 2007
kepada ratu adil dengan mengadilkan diri

dengan tidak mengurangi rasa hormat, ratu adil sedang lewat bukanlah ratu adil. yang mengadilkan diri bukanlah seorang yang adil. bahkan men-Judge-ing pun bukanlah seorang yang adil

hee….. lucu ya

terbukalah kebenaran itu

78. 10150 - September 6, 2007
sodara ratuadilsatriapinandhita, terserah anda mau bicara apa saja itu memang hak anda dan itu cara anda. Semua agama beusaha untuk membacakan isi pencerahan, akan tetapi memang kosakata manusia itu sangat terbatas dan kenyataanya tidak mampu untuk mengungkapkan meskipun berusaha menggunakan bahasa yang terbaik.
Sekarang anda pikirkan sendiri apakah muatan yang dimaksud mengandung ego atau tidak. Marilah kita belajar sendiri-sendiri dengan cara yang kita yakini, sesungguhnya kalau anda bijak maka anda bisa mempelajarinya sebagai referensi anda sendiri. Maaf saya juga belajar mengetahui / mengerti apa itu meditasi, saya juga belajar / mengerti apa itu baptis, saya juga belajar / mengerti apa itu sholat, saya juga belajar / mengerti apa itu Tao, semuanya bermuara yang satu yaitu pencerahan, semuanya baik dan berasa sekali untuk kebenaran yang sejati, tapi maaf jangan ditafsirkan yang tidak-tidak hanya saja menurut pengalaman saya yang termudah adalah cara yang diajarkan Islam, mungkin rekan yang lain berbeda pendapat maaf, jadi itu juga yang meyakinkan saya tentang kesempurnaanya. Jadi tetaplah eling lan waspodo, kitab apapun dari agama manapun tak akan berarti apa-apa tanpa kita sendiri yang memaknai dalam keweningan. Marilah kita terus dan terus untuk belajar sampai pada kenyataan untuk tak boleh berhenti belajar, jadikan misi kasampurnan sebagai jalannya.
Kanjeng Ratu pasti akan ikut tersenyum, suminareng cahyo hangrungkebi handarbeni……………..

salam

79. CahDewa - September 10, 2007
Ngapain juga d ribut kan semua tentang LAUT SELATAN?
kita bisa saja percaya atas semuanya .. tapi hanya sekedar percaya semua itu ada .. tapi kita harus kembali kapada TUHAN YME.. karena Dia yang telah menciptakan semua nya menjadi ada .. yang tidak mungkin menjadi mungkin ! Siapa pun adanya dia yg ada di PANTAI LAUT SELATAN, biarlah begitu! Tugas kita bukan hanya itu.. sekarang tugas kita adalah memperbaiki diri kita sendiri dan negara yang sedang di landa segala hal “musibah”. Dan untuk semua yang terjadi d alam “sana” itu hanya terjadi menurut kehendak-Nya.. Saya juga percaya adanya SETAN, JIN, dan sejenis nya … karena semua nya itu telah di rencana kan oleh-Nya..sebab bila tidak ada itu, hidup ini tidak ada perjuangan nya (tidak ada yang menjadi anak pilihan-Nya -red) Karena apapun yang kita katakan dan perbuat semuanya itu kembali koq kepada-Nya, bukan kepada yang “lain”..
Untuk Forum ini ada bagus nya untuk bertukar pendapat / pikiran ..bukan untuk pro dan kontra ! sebab kita semua sebetul nya tidak tau apa-apa! Hanya tau dari mulut ke mulut,dan dari berita-berita yang lom jelas kepastiannya!!! Karena bila kita tanya kembali pada orangnya, apakah ada kepastian pada diri kita?!
Bukan nya bila kita mengikuti apa yg di katakan SETAN, JIN, dan sejenisnya.. berarti kita di perbudak olehnya? Dan bila kita mengikuti perintah-Nya .. kita akan hidup yang kekal seperti yang d janjikan-Nya kepada kita! Di dunia ini kita sedang di uji dalam segala hal.. terutama dalam keyakinan iman kita!
Dengan ada nya Forum ini semoga kita bisa intropeksi diri untuk menikmati semua keindahan yang Tuhan telah berikan kepada kita di dalam dunia ini.. dan kita harus bersyukur.. berterima kasih kepadanya.. dengan menjalankan semua perintahnya dan menjauhkan larangan nya.. karena Tuhan kita adalah Tuhan yg “pencemburu” (tidak mau ada allah lain selain Dia)
terima kasih …

80. wisnu wardhani - September 11, 2007
mas david buat web tentang dewi lanjar dong

81. Nata Warga - September 11, 2007
Buat web apaan neng?
maksudnya buat tulisan?
nanti kalau ada waktu ya…
biar nanti kadhang yang lain yang lebih ngerti..

82. Sujiatmoko - September 11, 2007
Salam Mas Nata Warga,
Mungkin yang dimaksud sm Jeng Dhani ini, njenengan diminta buat Tulisan tentang Dewi Lanjar ya … bukan web site.
He..he… kalo bikin web site, lama banget jeng …

Masih bisuk seminar kah, mas Nata Warga ?
Gimana kalo kita sharing ?
Kapan yah kira-kira … Saya nunggu waktunya mas Nata Warga saja lah ..
Kelihatannya mas Nata Warga sibuk banget nich …

Salam Sejati
Sujiatmoko

83. Nata Warga - September 11, 2007
Hallo Mas Sujiatmoko…
Kalau buat tulisan sih gampang aja, tinggal merem informasi sudah ada…
hanya masalahnya apakah penting atau tidak aja, dan bermanfaat atau tidak untuk umum…

Waktu sudah tidak sibuk.. silahkan saja kapan mau ngobrol aku di YM / MSN / MIRC.. saya tunggu juga..

Salam Sejati

84. Adi (Red) - September 11, 2007
Saya sependapat dgn mbak Wisnu Wardhani, perlu ada postingan baru tentang Dewi Lanjar. Selain itu juga topik baru tentang Dewi Angin-angin. Please? Topik topik yg ada udah mulai jarang pengunjung beri komentar. Hal ini menandakan mulai perlu Topik-topik baru. Matur nuwun. Adi.

(Saudara Adi dan Saudari Wisnu Wardhani, semua materi dan posting yang ada di web kebanyakan adalah pengalaman yang telah dialami, kalau hanya sekedar untuk menpost materi dari copy paste akan sangat banyak. Kalau mau baca materi yang anda sukai silahkan ke google dan cari disana, pasti ada. Jadi bukan tidak menambah topik, tapi karena kami selektif untuk tampilkan, karena banyak akan menimbulkan kontra, contoh kecil adalah materi tentang Kanjeng Ratu Kidul, bisa dilihat dan terlihat telah membuat kontra dari beberapa kalangan, padahal penulis mencoba memberikan sharing tentang yang dia tahu… Salam. Red)

85. Budi - September 12, 2007
menarik mencermati perihal uraian Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul, walaupun beredar di awan ke2nya dianggap satu pribadi yang sama, ternyata ada yg mengatakan berbeda, kalo saya pribadi “pernah diberitahu bisa bener bisa tidak , krn sy tdk menyaksikan sendiri, bahwa Kanjeng Ratu Kidul itu memang penguasa dan beda denga Nyi roro kidul yg tingkatannya semacam patih.

Kanjeng Ratu Kidul itu ada sejak lama dan bisa dikatakan mengenal Tauhid (artinya Tau kepada Sang Khalik sejati).
sekalian numpang nanya apakah ada tokoh yang bernama Putri ato Ratu Kencana Wunggu ,
dan mohon didaftarkan id Yahoo phoenixbatam agar bisa chat utk menambah wawasan dan pengetahuan

86. Pendekar Tapak Buddha Supersakti Dewa Siluman Awan Api Ratu Adil Satria Pinandhita (Red) - September 12, 2007
Perkenalkan…
Saya murid Ratu Laut Selatan

http://ratuadilsatriapinandhita.wordpress.com/

(Karena saudara adalah muridnya maka hendaknya berlaku sopan, hendaknya menghormati yang lain, jangan bikin malu. Dan kalau secara struktural hendaknya anda memanggil kami eyang guru, karena beliau pun masih murid GANTHARWA. Red)

87. Dimas (Red) - September 14, 2007
Ass..
saya adalah hamba allah…
saya mau tanya …
Kanjeng ratu kidul berupa manusia atau jin?
trus kapan di ciptakanya ?
apa anda pernah bertemu dengannya?

(Saudara Dimas, terima kasih atas kunjungan saudara dan juga pertanyaan saudara. Berbicara secara umum atau universal, kita tidak boleh dibatasi oleh ajaran tertentu, jadi kalau pertanyaan saudara menyangkut “berupa” apa KRK, maka tidak memuaskan anda jawabannya, karena pastinya kami tidak akan menjawab sesuai ajaran tertentu yang di yakini anda, tapi secara umum kami bisa menjawab, bahwa semua adalah PRIBADI/PERSON, yang memiliki ROH bersifat Ilahi (sudah dijawab Kadhang Nata Warga). Mengenai kapan penciptaan, kalau mau di tanya lebih dalam lagi adalah apakah ada penciptaan? tentu tidak memuaskan juga jawaban ini, karena pasti akan kontrakdiktif dengan ajaran yang anda terima. Pertemuan bukan suatu yang aneh, bahkan mau Ketemu Gusti pun tidak masalah (Baca Pertemuan dengan Gusti), para Kadhang kami selalu berinteraksi dengan KRK, dan itu jangan di artikan sesuatu yang lain. Maka akan lebih baik adalah “ALAMI” sendiri, anda akan tahu. Demikian sedikit penjelasan, semoga bermanfaat untuk perkembangan perjalanan spiritual anda. Red)

88. Nata Warga - September 14, 2007
Salam Mas Dimas
Saya adalah anak Allah…
Saya coba jawab…
tidak berupa apa-apa, yang jelas dia PRIBADI, yang memilik ROH
kapan anda secara ROH di Ciptain?
Pernah

Salam Sejati

89. adik - September 18, 2007
menurut saya nama tu ga masalah,yg penting apakah mereka itu ada?yang pnting kalau ada kita lh knln dongggggggggg!

90. Sujiatmoko (Red) - September 20, 2007
Salam untuk anda semua …
Pendekar Tapak Buddha,
Anda sudah melakukan kekeliruan dalam menceritakan jati diri anda diantaranya :
1. Anda memposisikan sebagai Penganut ajaran Buddha, tapi tidak melaksanakan apa yang diajarkan oleh Pangeran Sidharta tentang Buddha itu sendiri karena anda menjelekkan ajaran lain mengenai ‘Perawan Suci Maria’, ‘Isa Al Masih’, ‘Muhammad SAW’ dan ajaran hindu. Ingat …. Buddha tidak pernah mengajarkan hal ini.
2. Anda mengaku sebagai ‘Ratu Adil’ tapi mengaku juga sebagai murid Ratu Laut Selatan, jelas anda mengada-ada. Ratu Adil tidak pernah menjadi murid Ratu Laut Selatan. Dan Ratu Laut Selatan tidak pernah menjadi guru atas siapapun karena beliau juga MURID …
3. Anda mencampuradukkan antara konsep pikiran anda yang selama ini anda lamunkan dengan ajaran-ajaran yang ada. Dan anda menceritakan apa yang anda alami bukan atas dasar pengalaman spiritual tetapi lebih kepada ‘LAMUNAN’ yang berusaha anda wujud nyata kan.

Jangan mengaduk-aduk ‘rumah’ orang lain yang didalamnya sedang dilakukan pertukaran pengalaman dan berbagi ilmu hanya karena ‘rumah’ anda sepi akan peminat dimana didalamnya anda selalu percikkan benih permusuhan dan kebencian, kesombongan serta fanatic yang ‘BUTA’ ….

Mohon ma’af untuk pak MOD dan kadhang lainnya jika saya menyampaikan hal ini.
Persatuan dan Kesatuan Bangsa dan Negara lebih penting daripada meninggikan kepentingan segolongan orang.
JAYALAH INDONESIA KU

Salam untuk semua,
Salam Sejati

Sujiatmoko

(Bagus Saudara Sujiatmoko, ternyata saudara telah mencapai tingkat yang lebih tinggi lagi, dibandingkan tulisan saudara yang dulu, sungguh mencerahkan. That’s right brother “Jayalah IndonesiaKu”. Red)

91. wisnu wardhani - September 21, 2007
gue srtuju banget ama mas moko……….(SUJIATMOKO)
BOLEH KAN GUE PANGGIL MOKO??
ohnya met puasa ya yang agama islam

92. thomas - September 23, 2007
asalamulaikum saya dulu kristiani yang yakin hanya yang real saja karena saya hidup dialam nyata,sekian lama saya mencari agama akhirnya saya menemukan islam sbg agama saya saya belajar dan belajar sampai ke sesuatu yang diluar nalar saya sampai juga kepersoalan kanjeng ratu kidul setahu saya penguasa pantai selatan ada 3 dipantai carita ada ibunda ratu sulasih,pantai pelabuhan ratu suka bumi ibu ratu nawangsih.dan parangtritis sampai pesisir jawa timur adalah kanjeng ratu nawangwulan dia yang paling muda tapi pamornya tinggi,dan perlu diketahui juga mereka bukan lah bangsa jin yang seperti dibahas mereka dulu adalah manusia yang wafatnya muksa atas kehandak Allah SWT dan diberi kekuasaan untuk menjaga alam jin.saya bisa tahu atas ijin Allah saya bertemu langsung dng kanjeng ratu sendiri.bukan dari cerita orang lain.bagi saya dia baik,dan yang sering berutal dan mengubar pesugihan justru anaknya sendiri nyi blorong,saya sering bekerja sama dengan kanjeng ratu dalam hal pengobatan untuk penyakit yang sifatnya halus tapi semua hanya karena Allah SWT dan beliau pun menganjurkan jangan pernah minta sama ibu(kanjeng ratu) tapi tetep sama Allah karena ibu juga ciptaan Allah anggap ibu hanya lantaran,dan saya yakin itu diridhoin Allah jadi jangan berburuk sangka dulu sebelum tahu yang sebenarnya,

93. adji digdaja - September 23, 2007
waalaikumsalam mas thomas….
semoga anda mendapatkan kebenaran di “rumah” anda yang baru..
mengenai siapa kanjeng ratu kidul dan penghuni-penghuni pantai lainnya adalah sah sah saja mengklaim setiap orang mempunyai hubungan erat…yang menjadi perhatian penting saya adalah kita bisa berfungsi seperti panggilan Gusti yang diberikan kepada kita…
ada yg dititipkan karunia penyembuhan, karunia penglihatan dan masih banyak lagi…
semoga kita jangan sampai terjerembab dengan keindahan yang baru”ketemu” dalam perjalanan panjang karena itu bisa memabukkan dan akan membuat kita lupa akan panggilan kita….
perjalanan masih panjang dan harus dijalani seiring dengan tanggung jawab yang di beri…
karena dari perkara2 kecil umat manusia akan diberikan perkara2 yang besar…
dan sebagai jawa yang sejati haruslah tetap eling lan waspada menuju kemanunggalan kawulo lan Gusti…

Salam,

94. thomas - September 23, 2007
terima kasih atas masukannya,mungkin ini karunia dari Allah buat saya dan bagi saya ini suatu hal yang fantastik dan tetap Allah adalah segala2nya bagi saya dan bagi kita semua,rumah ku yang sekarang adalah rumah yang terbaik tapi sebagai tuan rumah yang baik hendaknya kita sama2 menghargai rumah orang lain jangan fanatik melihat bentuk rumah saudara2 kita,kembali ke KRK semua kembali kediri masing2 menaggapinya bagaimana, dengan pengalaman2 yang sudah saya alami alhamdulillah saya semakin yakin akan kekuasaan Allah dan membawa saya terus ingin dekat sama Allah SWT amin semoga Allah melindungi saya dan kita semua dari kemusrikan amin

95. adji digdaja - September 23, 2007
mari kita sama sama berlomba berbuat kebaikan dan kebenaran .

salam rahayu

96. Sujiatmoko - September 24, 2007
Salamu’alaikum Kadang Sedoyo,
Terima kasih kepada Pak MOD …
Karena Gantharwa jugalah ‘Perjalanan’ saya ini menjadi menarik …
Yang pasti, Sharing dan perbanyak Ngasah Kaweruh dari Gantharwa

Buat Jeng Ayu Wisnu Wardhani, Silahkan panggil apa saja …jeng (yang penting bisa nyaman di hati njenengan …)

Buat Mas Thomas,
Selamat datang di ‘rumah’ yang baru ….
Semoga anda bisa menemukan Kebenaran Yang Sejati di dalamnya … Amin

Mari Mas Adji,
Kita berlomba berbuat kebajikan dan kebenaran …

Salam Sejati
Sujiatmoko

97. satrio budi - September 25, 2007
Kepada mas thomas, selamat menempati rumah baru..
semoge kerasan.. kalau nggak kerasan ya boleh pindah rumah lagi..
hingga menemukan rumah idaman yang mampu mengantarkan kepada kesempurnaan..

salam.

98. thomas - September 26, 2007
tinggal melanjutkan saja dan membangun suasana rumah menjadi menarik dan damai, manusia memiliki keterbatasan karna memiliki jasad tapi dengan adanya akal sebagai kesempurnaan yang Allah berikan pada kita hendaknya kita bisa menjadikan keterbatasan ini berarti dalam hidup untuk mencapai kesempunaan dan menemukan jati diri kita yang sebenarnya dari mana asal diri kita,proses nya,siapa itu sedulur papat 5 pancer bagaimana terbentuknya,dan proses bagaimana nantinya kita kembali kehadirat Allah SAW,dan kemabali ke KRK dia bagai ibu bagi diri saya dan beliau pun sudah menganggap dan mengangkat saya sebagai putra mahkota yang kedua dikeraton kidul terdengar mustahil tapi dengan ijin Allah SAW semua bisa terjadi,disini kita berbagi pengalaman semoga kita bisa ambil hikmah nya tidak lain memupuk ketakwaan kita sama Allah SAW pesen buat kita semuanya jangan beranggapan salah dulu sebelum kita mengetahui yang sebenarnya lebih baik kita mengaku salah dari pada mengaku kita yang paling benar

99. Sujiatmoko - September 26, 2007
Salamu’alaikum, mas Thomas …
Sekedar koreksi sedikit mengenai yang mas Thomas tuliskan bahwa ‘SAW’ adalah singkatan dari ‘Sholallahu Alaihi Wassalam’ dimana gelar ini dipakai oleh Nabi Muhammad SAW yang berarti Nabi Agung dan Nabi Penutup (menurut ajaran Islam). Sedangkan untuk Allah, digunakan kata pujian Subhanahu Wa Ta’ala (Yang Maha Agung dan Maha Tinggi) atau biasa disingkat SWT (dalam bahasa Indonesia).

Jadi untuk penulisan secara lengkap :
- Nabi Muhammad SAW dan
- Allah SWT
Semoga masukan kecil ini bisa bermanfaat bagi mas Thomas…. Amin

Salam Sejati
Sujiatmoko

100. Sujiatmoko - September 26, 2007
Mohon ma’af, koreksi sedikit …
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berartikan Allah Yang Suci lagi Maha Tinggi.

Mohon ma’af untuk hal ini

Salam Sejati
Sujiatmoko

101. Cepot Semar - September 26, 2007
mau konfirmasi aja sama temen2,

katanya Nyi Roro Kidul itu hanya karangan yang dibuat pada jaman kerajaan mataram 2 oleh seorang penulis terkenal pada saat itu.
dengan tujuan untuk menakuti/membodohi rakyatnya,
dan menggambarkan bahwa raja ini sangat kuat dan sangat sakti, bahkan kerajaan halus di pantai selatan pun bisa dikalahkan.
padahal dia sudah terancam posisinya dikarenakan kedatangan penjajah.

Jadi apa benar???
mungkin seperti cerita mahabrata dan ramayana.

tks ya/Cep Otsmar

102. thomas - September 27, 2007
astafirullah mohon maaf atas kehilafan saya saya tidak sengaja dan menyadari atas kesalahan tulisan title Allah SWT mohon maaf untuk semuanya khususnya pada Allah sekali lagi buat semuanya mohon maaf saya tida bermaksud merubah ato lainnya semata hanya kesalahan penulisan dan saya blum menyadari nya terima kasih buat klarifikasinya dari mas sujiatmoko wasalam

103. satrio budi - September 27, 2007
tenang aja mas thomas.. Alloh nggak perlu title..
salah juga nggak papa.. enjoy saja..
karena ‘kamulyaning urip ana sajroning ati..

104. Sujiatmoko - September 27, 2007
Betul mas Satrio Budi …
Karena memang Allah ‘Ndak Ada. Jadi ndak perlu dikasih title apa-apa …

he..he…

Salam

105. antx - September 28, 2007
Salam …
Ramai ya diskusinya … barangkali utk lebih meramaikan dan yg didiskusikan menjadi lebih “NYATA” yang pada bisa melihat para penguasa laut kidul … juga digambar visual atau mungkin audio visual … supaya yg awam spt saya, bisa lebih cepet memahami dan mendapat pencerahan …
Hal yang menarik adalah … mari sama-sama kita tempatkan TUHAN pada ke-maha segalanya-nya … yg tidak terbatasi oleh apapun, saya rasa spiritualitas sinergi dengan pengertian ini …

106. marijan - September 28, 2007
mas antx,
mau ga saya kasih liat gambarnya…
tapi gambar yang saya punya ada KUMIS nya….

salam nyata…

107. Cepot Semar (Red) - September 28, 2007
kok nnya ngk ada yang respon.

Apa benar Nyi Roro Kidul itu hanya karangan saja?
ya Mirip Mahabrata n Ramayana,

Kalau Memang Benar, berarti orang yang mempercayainya atau “menuhankannya”. salah dong??!!!.
(Pls See: Cepot semar tgl 26 Sept 07)

(Memang sengaja tidak direspon Saudara Cepot Semar, karena jawabannya sudah dijawab secara panjang lebar dibeberapa komentar di atas, tidak usah dipikirkan, silahkan menikmati saja kalau itu di anggap dongeng. Red)
******
Sujiatmoko - September 27, 2007
Betul mas Satrio Budi …
Karena memang Allah ‘Ndak Ada. Jadi ndak perlu dikasih title apa-apa ……

**********
Mas Sujiatmoko, Maksudnya karena memang Allah ‘Ndak Ada itu apa?

takut salah tafsir.

108. Sujiatmoko (Red) - September 28, 2007
Mas Cepot Semar,
Anda akan menemukan jawaban atas statement saya tersebut jika anda ‘menyelami Qolbu’ anda. Mungkin anda perlu belajar pada Kadang Gantharwa disini.
Simple nya begini :
1. Jika anda membawa jiwa anda menuju ‘keatas/ kedepan’ maka akan anda temukan hamparan ruang hampa diudara/ diangkasa. Dan pada akhirnya akan mencapai ‘Samudra luas’ tanpa batas dengan cahaya kemilau dimana-mana.
2. Jika anda menyelami kedalam, maka anda hanya akan menemukan tebaran proton dan neutron yang membentuk atom. Dan jika anda perhatikan, yang membuat orbit proton dan neutron tetap stabil adalah ‘sesuatu/ dzat’ yang sama dengan ‘dzat’ yang ada di ‘hamparan samudra’ tersebut. Hanya ruang hampa…. Kosong…tanpa apapun.

Itulah Dzat Allah ….Yang Maha Menempati Ruang hampa tersebut …
Nah … apakah Allah ada ?
Apakah Allah berbentuk ?
Atas dasar ini maka Allah tidak membutuhkan ‘title’ seperti yang mas Satrio Budi sampaikan …

Mudah-mudahan bisa nyambung …
Kalo nggak nyambung, ya minta tolong diajari sama Kadang Gantharwa yang lebih mumpuni dalam hal ini ….

(Penjelasan yang mencerahkan untuk saudara yang lain juga, sangat baik sekali Saudara Sujiatmoko. Tambahan saja, Leluhur mengajarkan “Gusti Allah Iku Tan Kena Kinaya Apa Nanging Ana”. “Ada adalah Tiada, Tiada adalah Ada”. Apa yang di sebut ada? dan apa yang disebut tiada? apakah hanya dengan pertimbangan panca idera kita? Mari merenung. Kembali ke topik di atas ya. Pembicara ini akan di masukan dalam agenda Sarasehan, silahkan lanjut diskusinya. Red)

109. antx - September 29, 2007
Salam Damai …

Heehhe .. Mas Marijan,
bener ditunggu fotonya para beliau itu ya … buat referensi.
Ditunggu di email ya .. nanti tukeran juga, yg sy punya, yg ga ada kumisnya.

Nah kalo tentang Tuhan Allah …
Saya rasa suka-suka Beliau mau bagaimana … bentuk atau tak berbetuk, berupa atau tak berupa … Tuhan tidak terbatasi.
Namun, Alkitab pernah bilang … Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa - citra Allah, nah paling tidak itu bisa buat pendekatan (tapi bukan untuk membatasi lho …)
wah … rame ya …
pareng … Salam Damai Bromo Lati (BL)

antx-Bapake AE

110. Adi - September 29, 2007
Waw. Penjelasan mas sudjiatmoko dalem banget. Kebetulan, sekalian nanya nich ama mas sudjiatmoko dan ama yg laen. 1. Apakah yg dimaksud dgn alam sunyaruri ? 2. Dimanakah lokasinya? 3. Mohon pencerahan. Matur nuwun.

111. thomas - Oktober 1, 2007
buat mas cepot jangan bingung sendiri mikirin kebenaran KRK,beliau sendiri gak pernah mempermasalahkan kalau ada yang gak percaya,dan bener kalau menuhankan beliau itu salah,jangan sampai kita begitu,seperti mas bisa tahu ramayana mahabarata sebenarnya mas blum tahu mahabarata sebenarnya itu apa? kita mesti buang keegoan dalam diri kita untuk bisa tahu rahasia2 ilahi segitu saja dulu trims

112. Cepot Semar - Oktober 1, 2007
Mas Sujiatmoko: Makasih untuk info. –lagi direnungkan–.
Mas Thomas: Thank for reply,
Apa yakin KRK ngk mempermasalahkan apa ada yang ngk percaya atau tidak?.kok tahu?
Pertanyaan Cep itu untuk meminta konfirmasi apakah Nyi Roro Kidul itu karangan atau bukan?.

kalau memang karangan berarti ada sesuatu yang salah dengan “Penuhanan” yang ada di daerah pantai selatan.

jadi yang benar tentang Mahabrata itu apa Mas? mohon pencerahan.
Yang saya tahu itu cerita yang mengulas mengenai kebaikan (pandawa) dan kejahatan ( Kurawa),
Ramayana kalau menurut Cep itu: Cerita tentang cinta,kesetiaan,
saking legendarisnya dan banyak disukai cerita tersebut seolah-olah nyata. dan kedua cerita itu berasal dari India.
Sedangkan M dan R diindonesia bisa bertahan karena pada awalnya merupakan bagian cerita dari Hindu yang merupakan agama tertua.
dan setelah adanya Walisongo, Mahabrata menjadi cerita untuk menyebarkan Agama Islam.

Bukan untuk memunculkan keegoan, forum ini dibuka untuk bahan diskusi. jadi anggap saja pertanyaan cep itu untuk bahan diskusi dan saling berbagi info mengenai keberadaan Nyi Roro Kidul tersebut.

Masalah Keegoan: yang tahu hati kita hanya KITA dan ALLAH saja,
Meskipun Cep pernah bertemu dengan seorang guru, bahwa hati itu bisa diketahui dan dibaca, namun sampai sekarang masih belum sependapat dengan guru tersebut.

Terima kasih/Cep Otsmar

113. thomas (Red) - Oktober 2, 2007
sama2 kita belajar mas saya ga menganggap diri saya paling bener saya msh bodoh mas makanya saya masih mau tetap belajar,saya bisa tahu beliau ga mempermasalahkan yg ga percaya ya saya tahu langsung dari beliau sendiri kami sering bertemu dan hampir tiap hari bertemu mungkin mas bisa baca message saya sebelumnya,bahwa beliau sifatnya demokratis banget dan ga pernah marah itu yang saya tahu tidak seperti cerita2 orang yang sering menganggap dia meminta korban ato sajen tiap tahun,beliau tidak seperti itu,beliau dulu manusia anak demang pada era jaman kerajaan majapahit dan mataram dulu beliau msh beragama hindu,dia anak kembar kakaknya bernama cahyodiningrat dan beliau sendiri cahyo cahyu diningrat,tapi dia mengalami keadaan yang ga mengenakan ketika beliau sama kakakny sedang berburu beliau diperkosa oleh para perampok sampai dia hamil beliau akhirnya diusir oleh ayahnya karena aib bagi keluarganya,akhirnya beliau pun keluar tanpa tujuan bersama kakaknya akhirnya beliau sampai kepantai pangandaran dan mereka pun berpisah,pangandaran asal dari kata penyandaran karena beliau menyandar disana,pada saat itu juga beliau bertamu dengan seorang syeh dan dia iklas masuk islam beliau disuruh menyusuri pantai selatan sampai waktunya dia melahirkan dipantai parangtritis dan anaknya dia beri nama blorong karena anak tersebut haram jadah dia menjadi anak yang durhaka tapi tetap beliau anggap anak namun tidak diakui karena haram jadahnya itu sampai,akhirnya beliau meminta kepada Allah agar beliau diberi umur panjang dan dengan ijin Allah dia muksa(hilang dengan jasad2nya) dan diberi kekuasaan untuk memerintah alam jin dilaut selatan dan diberi gelar dewi nawangwulan,dan anaknya pun memerintah dipantai selatan tapi golongan sesat yang sering meminta korban,pesugihan dan sebagainya ya dia blorong istilah kata memakai nama ibunya untuk menghancurkan pamor ibunya karena sampai sekarang beliau dibenci sama blorong tapi tetap dia tunduk sama KRK,terkadang disini orang yang belum bisa memahami dan terkecoh antara dewi nawangwulan dan nyi blorong karena sama2 ayu cantik laksana bidadari,beliu selalu pesan jangan tinggalin sholat 5waktu dan jangan minta sama ibu minta sama Allah karena ibu tidak bisa apa2 hanya Allah yang bisa,beliau kalau lagi marah mengasingkan diri sampai dia tenang tidak seperti cerita orang2 yang menyebabkan bencana kalau beliau marah,ini cerita bukan karangan saya,ya alhamdulillah dengan ijin Allah saya diangkat anak oleh beliau menjadi putra mahkota dikeraton kidul saya terkadang kekeraton, tapi saya termasuk anak yang bandel,ibu suka sama orang yang pinter dengan akalnya,orang yang suka menolong sesama,anak yatim,bukan orang yang sungkem2 bila dihadapan beliau,ya mau dibilang saya orang gila ya silahkan saya gila sama Allah saja dan KRK adalah ibu saya juga seperti mas cepot dengan ibunya,dan amit2 kalau saya menuhankan dia,bagi orang2 yang dipesisir pantai selatan yang memberi sajen2 dan sebagainya ibu ga minta dan makan sajen,tahu kah kita rahasia apa dibalik sajen itu itu yang ibu pengen, ada kembang 7rupa,kopi pahit,teh pahit,ada nasi tumpeng,kepala kebo,kambing,dan sebagainya ibu pengen kita mengerti dulu,dan kalu kita udah tahu ya hasilnya buat kita sendiri,jadi sajen2 itu hanya perlambang dalam diri kita manusia yang bermacam2 maunya itu contoh kecilnya,tetap segala sesuatunya hanya kepada Allah SWT kita meminta dan ibu hanya lah sebagai perantara,untuk kisah mahabarata itu adalah kisah diri manusia yang memiliki setan dan iman yang terus bergolak tiap saat bertempur pandawa kalu udah lari kesini jatuhnya kesedulur 4 lima pancer,namun garis besar nya seperti itu,mudah2 bisa menjadi masukan ,bila menganggap semua ini omong kosong ya monggoh,saja saya terima masukan dari mana pun juga terimakasih wasalam

(Saudara Thomas, kami rasa sudah cukup pembodohan yang saudara lakukan tentang asal usul Kanjeng Ratu Kidul, tadinya sudah kami biarkan, tapi dengan menceritakan tentang sesuatu yang tidak semestinya adalah kewajiban kami untuk menegur, hal yang kami anggap tidak semestinya telah kami bold, mohon jangan di ulang lagi. Red)

114. antx - Bapak AE - Oktober 2, 2007
Salam Damai BL …

Wah mantap ya,
Mas Thomas … kalo boleh, pas ketemu ibunya … sampaikan salam hormat dari saya ya …
Ntar, kalo pas sy dolan ke sana daerah pantai selatan … boleh dikenalin ya … bener ini.
Matur nuwun …

115. antx - Bapak AE - Oktober 2, 2007
Hehehe … Mas Thomas, u ve to responsible n prove what u said b4 .. ok … i’ll accept it open-mind-ly … as far as its true, so … lets c n examine it …

116. Ngabei Kiduling Mesjid - Oktober 2, 2007
Mas Thomas salam kenal dari saya, kalau ndak keberatan saya pengen sekali diperkenalkan dengan Ibu anda, kebetulan sekali saya sangat senang bersilaturahim dengan siapa saja (semua makhluk Allah)

117. marijan - Oktober 2, 2007
mas thomas,
semoga hubunganan anda dengan ibu anda langgeng,,,
satu hal yg harus kitasadari….jgn pernah menipu akan kebenaran kepada orang lain..karena itu sama dengan membunuh dihadapan Allah…

sukses selalu…

118. Lingsir wengi - Oktober 2, 2007
Namaste, mas thomas

wah mas thomas enak bs jd putra mahkota kanjeng ratu kidul, mbok saya diajarin mas ktemu beliau, syukur-syukur bisa jadi penasehatnya, den ngabei ga ikut jd putra mahkota? mas maridjan ga tertarik jd patih?
toh meski ga jd apa2pun yang penting bs tetap menjadi JAWA=JAWAWUT kesatuan ukuran dalam kehidupan
Salam buat Ibu anda

119. Ngabei Kiduling Mesjid - Oktober 2, 2007
Wah sepertinya para senior udah mulai turun gunung lagi nich, setelah sekian lama saya ikuti , akhir-akhir ini agak sepi diskusinya,
Mau saya absen nich, mas marijan, mas/mbak lingsir wengi, satria kenanga, anton luwijono, mas Nata Warga, adji Digjaya dll, den daud govinda, mudah2an bisa bareng2 diskusi lagi.
Buat Lingsir wengi, maaf saya ga tertarik jadi putra mahkota, soalnya saya dah dibaiat jadi patih di gunung merapi ngurusi bagian lahar dingin he he.

120. antx2003 - Oktober 3, 2007
Salam Damai BL …

Wah … sy belum termasuk di-absen ya ?
(i’m sorry i just nobody)

Kalo seandainya, ada rekan2 para senior yg sudah riset tentang KRK & NRK … secara terinci, barangkali bisa di-detailkan & lengkap lagi, seperti dg foto, ciri2 khusus dll (yg kemaren2 baru text - dan akan sangat membantu jk ada AV-nya)
… mbok sy dikasih gitu lho … jd diskusinya lebih rame … dospundi ? kulo tengga nggiih … pareng.

121. thomas - Oktober 3, 2007
ya silahkan dibold ato diapakan,dianggap saya melakukan pembodohan dan sebagainya itu terserah tapi mengapa saudara2 sekalian memperdebatkan kebenaran KRK or NRK dan demi Allah saya hanya mengungkapkan kebenaran yang ada dan kalau ada yang gak percaya ato anggap saya gila ya silakan saya ga masalah ,kenapa dari awal saya ga ditegur kalau saya salah dan saya tahu akan ada yang kontra dan saya bercerita begini saya minta ijin dulu dan beliau ga keberatan,dan maaf buat saudara2 ku semua jika ada yang tersinggung dengan tulisan saya kalau dinggap saya udah diluar batas saya mohon maaf,saya hanya mengungkap kebenaran bahwa kanjeng ratu kidul ato dewi nawangwulan tidak lah seperti yang dikira orang2 yang selalu minta sajen dan korban manusia,ato tempat pesugihan orang2 bodoh,soal saya jadi putra mahkota saya ga pernah minta untuk jadi begitu tapi karena diberi ya kenapa gak bagi saya mau alam nyata ato alam goib itu sama saja sama2 alamnya Allah tergantung manusianya menganggap mengerikan ya jadi mengerikan dianggap fantastik ya enak saja keadaannya ,maaf soal gambar saya ga berani beri soalnya takut salah saja, sekali lagi buat semuanya mohon maaf yang penting hubungan silahturahmi jangan putus jangan gara2 hal ini jadi masalah salam damai dan sejahtera selalu wasalam

122. Gantharwa - Oktober 3, 2007
Saudara Thomas,
Ini beberapa hal yang saudara lakukan pembodohan:
1. saudara mengatakan hampir bertemu tiap hari, padahal urusan beliau cukup banyak, hanya sekedar ketemu dengan hal yang tidak penting, kami rasa itu tidak mungkin terjadi, andaipun terjadi, biasanya beliau mengutus utusan (kenal sama utusannya? siapa?)
2. saudara menyebut/memanggil beliau “Ibu”, padahal dari zaman ke zaman beliau mengajurkan tidak untuk di panggil dengan sebutan itu, karena itu melawan istilah IBU PERTIWI, sebutan apa yang di panggil? saudara tahu? kami rasa tidak, silahkan mencari lagi.
3. saudara mengatakan bahwa beliau asal usulnya adalah dari zaman kerajaan mataram dan majapahit, padahal pada masa-masa raja pertama jawa, zaman mataram kuno pertama (sebelum mataram dan majapahit), Beliau sudah ada dan beperan.
4. saudara mengatakan bahwa mereka di perkosa saat berburu, tahukah saudara bahwa zaman itu perempuan tidak bisa berburu? dan setiap wanita (apalagi keluar) pasti di dampingi pengawal/ kalau wanita bisa berburu berarti mereka pasti sakti mandraguna, untuk menghadapi perampok/pemerkosa bukanlah hal yang sulit, apalagi sampai diperkosa.
5. saudara mengatakan beliau masuk islam, tahukah saudara islam ada mulai zaman apa dan zaman beliau kapan? bahkan Hindu pun tidak bagi beliau.
6. saudara mengatakan mereka sampai ke pangandaran, tahukah saudara bahwa jarak mataram/majapahit dengan pangandaran, dan berapa waktu yang akan di tempuh dengan berjalan, dan medan apa yang akan di lewati, dengan mereka bisa diperkosa maka sangat mudah mereka akan dimakan binatang buas.
7. saudara mengatakan bertemu seorang syek, tahukah saudara istilah syek kapan muncul dan berasal dari mana? zamannya berbeda saudara.
8. saudara mengatakan bahwa beliau melahirkan anak haram yang diberi nama blorong, tahukah saudara bahwa penyataan saudara mengatakan beliau masuk islam bertentangan dengan istilah anak haram, dimana di islam mengajarkan setiap bayi dilahirkan itu suci?
9. saudara mengatakan bahwa anaknya menjadi nyi blorong dari golongan jahat? dengan kekuasaan apa anaknya bisa demikian? tahukah saudara asal usul cerita nyi blorong dan benar tidaknya cerita nyi blorong?
10. saudara mengatakan beliau itu islam, dan beliau itu moksa, tahukah saudara istilah moksa itu berasal dari mana? dan tahukah saudara karena istilah moksa maka Syek Siti Jenar tidak diakui sebagai islam. tahukah saudara islam mengakui moksa atau tidak?
11. saudara mengatakan mereka selalu pesan untuk sholat 5 waktu, tahukah saudara pada saat di dimensi alam ROH tidak ada istilah agama, tata cara, maupun aturan? yang paling nasehat umum adalah jangan menyia-nyiakan hidup. urip iku hanguripi. dan tahukah saudara dengan mengatakan begitu itu sama saudara mengatakan kepada saudara yang lain, kalau tidak sholat maka jangan harap bisa selamat?
12. saudara mengatakan KRK or NRK, tahukah saudara mereka adalah pribadi yang berbeda?
13. saudara mengatakan bahwa saudara diangkat jadi putra mahkota, tahukah saudara bahwa zaman raja-raja kesayangan beliaupun tidak pernah di tawarkan untuk menjadi putra mahkota, kenapa? karena memang bukan itulah misi beliau.
14. tahukah saudara sekarang pemegang kekuasaan mistis gaib di alam nusantara ini, dan setiap kekuasaan tunduk padanya termasuk Kanjeng Ratu Kidul?

Saudara Thomas, jangan lakukan lagi, seandainya pun anda betul telah ketemu Pribadi yang mengaku Kanjeng Ratu Kidul, kami bisa menjamin 100% itu palsu, tahukah saudara bahwa banyak kepalsuaan dalam dunia mistis ini?
Satu kebiasaan beliau adalah, apa yang disampaikan adalah untuk konsumsi internal tidak pernah mau dibicarakan secara terbuka, jadi sangat tidak mungkin beliau menceritakan asal usul dan untuk di beberkan.. berhati-hatilah Musang berbulu domba!
Kalau saudara sudah menemukan islam, berkembanglah terus spiritual anda, jangan sampai anda terjebak.
Kami anggap saudara sangat beruntung bisa ketemu kami, untuk kami beri masukan, dan tentunya jalinan silaturahmi bisa berlangsung, hanya masalahnya apakah saudara siap/mau menerima atau tidak? kami tidak bermasalah kalau saudara tidak menerima, yang penting adalah dengan penjelasan kami diatas, berguna bagi yang lain.
Semoga saudara tercerahkan.

Salam

123. satrio budi - Oktober 3, 2007
mas thomas,

sampeyan nggak gila, dan mungkin tidak bermaksud melakukan pembodohan..

cuman ketipu..

jadi benar mas natawarga bilang, sampeyan beruntung.. ada yang ngingetin.. dan website ini dibuat untuk saling mengingatkan sekaligus sarana Ngangsu kawruh..

salam,

124. antx - Bapake AE - Oktober 3, 2007
Salam Damai BL …

Wah, Mas Gantharwa … sy salut sama njenengan dalam “nyelesaikan” situasi dg Mas Thomas. Namun, kalo boleh saran urun rembug … mungkin bisa dilakukan “uji materiil” thd kss ini … supaya Mas Thomas jadi jelas, puas dan sekaligus mendapatkan pencerahan-penyelesaian yg paripurna.
Atau mungkin juga … sampai tahapan “discernment” atau “pembedaan roh” sehingga .. tau siapa yg sebenarnya datang … dan apakah “pesan2″ yg disampaikan benar atau tidak …
pareng ….

antx

125. Cepot Semar - Oktober 3, 2007
kalau menurut saya Mas Gatharwa bukan menyelesaikan masalah,
malahan banyak pertanyaan yang diajukan untuk Thomas.
Tapi apakah benar semua orang begitu memahami dan tahu alam ghaib ini..?
apakah alam jin yang dimaksud atau alam ghaib apa?
Cepot lebih berkenan siapapun yang merasa pernah bertemu dengan Makhluk Ghaib siapapun itu,
Mohon kiranya diawali dengan kata2:
Berdasar pengalaman saya….
Berdasarkan cerita yang saya dapat….
Berdasarkan apa yang saya ketahui…
atau apapun.

Ya kalau memvonis seseorang dengan menganggap pembodohan,
berarti Mas Gatharwa menjadi yang paling benar.
Saya pikir yang kita bahas ini masalah ghaib bukan nyata….
jadi siapapun tidak bisa membuktikan dengan nyata…

Walaupun tidak setuju dengan apa yang ditulis Thomas..
tapi bukan berarti kalau dia membodohi,karena itu masalah ghaib.
(kalau dia berbohong, ya dia harus bertanggung jawab dengan kata2nya, tapi kalau dia benar, ya bagus lah. meskipun saya tidak mengucapkan selamat)
karena apa yang diungkap Thomas adalah masalah Ghaib dan yang dibahas oleh Gatharwa pun masalah Ghaib.
yang mengetahui dengan pasti apa, siapa hati dan dirinya hanya begitupun dengan keghaiban hanya ALLAH/Tuhan kita.
Contoh
kalau kita tanya siapa P Soeharto, kita pasti tahu beliau mantan RI-1 ke 2. karena beliau nyata dan sampai sekarang pun bisa kita lihat.
jelas itu bisa dibuktikan.

126. Gantharwa - Oktober 3, 2007
Saudara Cepot
Sebagai Moderator, kami mempunyai kewajiban dan hak untuk menegur setiap tamu yang datang dengan menulis argumen yang menurut pengalaman kami dan kenyataan secara gaib tidak semestinya atau bentuknya pembodohan.
saudara mengerti tentang Pembodohan?
kalau pendapatnya di tempat lain, iya silahkan saja, itu urusan dan tanggung jawab masing-masing.
Kalau kami menvonis seseorang dengan menyodorkan perenungan dan dianggap menjadi paling benar, itu juga silahkan.
Masalah Gaib itu adalah masalah kepastian/kenyataan, dapat di buktikan, karena bisa di tangkap dengan panca indera.
Cobalah tanya pada orang yang gila/tidak mengerti tentang Soeharto? apakah itu nyata?
Cobalah tanya pada orang yang sadar/mengerti tentang Gaib? apakah itu nyata?
Bicara dan segi atau kaca mata mana dulu saudara?
Pahamkah saudara cepot yang kami maksud?

Salam

127. thomas - Oktober 3, 2007
sebelumnya terima kasih atas masukan semua buat saya,tapi mudah2an saya tidak tertipu dan saya tetap berpegang dan berlindung sama Allah,justru menurut saya alam goib ato alam jin mahluknya lebih sportif dari alam manusia bila mereka kalah dari kita manusia dia akan mengaku kalah dan tidak main belakang ato nusuk dari belakang makanya bila alam goib dianggap menyeramkan penuh tipu muslihat itu tergantung orangnya saja bagaimana dia menyikapinya saja,saya akui mungkin saya salah tempat bercerita hal ini sekali lagi saya minta maaf buat semuanya wasalam

128. Cepot Semar (Red) - Oktober 3, 2007
–pengalaman kami dan kenyataan secara gaib tidak semestinya atau bentuknya pembodohan.
saudara mengerti tentang Pembodohan?–
yang perlu dibahas itu pengalaman kami (maksudnya anda) atau kita disini mau berbagi, setidaknya ada yang berbeda pemahaman ya, namanya juga diskusi.kalau begitu anda egois juga dong.
Saya lihat dan baca tulisan anda, ternyata anda cukup temperamen juga.
tapi it’s ok, manusiawi.
sudah fitrah manusia: Suka, Marah,Benci, cinta.

Bukan ghaib namanya kalau bisa ditangkap panca indera.
tapi indra ke 6.
coba anda tunjukan kalau malaikat itu bisa ditangkap dengan panca indera,
bukannya malaikat itu ghaib.

(Hah.. hah.. hah.. sah-sah saja saudara mau mengatakan seperti apa? mari kita berlomba terus maju, siapa yang akan duluan sampai. Manusia yang sempurna (Fitrah) justru tidak Marah dan Benci. Ternyata saudara belum pernah merasakan secara panca indera tentang gaib ya? gak apa-apa wajar. Red)

129. Cepot Semar - Oktober 3, 2007
Thomas: anda tidak salah kalau menurut saya menceritakan tentang pengalaman anda,karena dari judul berhubungan.
ya, mungkin karena ada yang tidak sepaham dengan pengalaman anda.
Soal itu bohong ya anda harus bertanggung jawab dengan kata2 anda, kalau itu nyata ya mungkin anda yang dipilih.

130. angraini - Oktober 3, 2007
saya pembaca pasif di site ini, tapi kok jadi pengen ikutan komentar…
si cepot kok rewel sih… tadinya pura-pura bego nanya, terus sekarang malah jadi hakim pembela, kelihatan belangnya tuh..
si thomas kok terlalu menghayal, setahu saya kalau masalah kayak gini gak boleh sembarang cerita..
si cepot malah belain.. minta bukti pula, emang belum pernah denger orang ketemu pocong ama keserupan?
aku gak belain siapapun karena gak ada kepentingan apa-apa.. si moderator mau coba luruskan dengan berbagai pertanyaan, yang untuk jadi renungan.. tadinya aku baca si thomas hebat juga ya dan hampir percaya, tapi setelah moderator memberikan pertanyaan, baru sadar.. iya.. iya..!!! ini mungkin yang di maksud Pemintaran lawan kata lagi Pembodohan, betul gak pak moderator?
nah.. mustinya pertanyaannya di jawab, itu baru namanya diskusi lho, thomas dan cepot. jangan-jangan kalian berdua kembar lagi.. he..he..he

131. Cuthik - Oktober 3, 2007
u/mas thomas,

maaf karena saya buta tentang hal gaib, saya hanya ingin bertanya kepada mas thomas,
dalam tulisan anda “beliau dulu manusia anak demang pada era jaman kerajaan majapahit dan mataram”
sebetulnya beliau anak demang dari mataram apa majapahit, sb mataram dan majapahit sudah beda rentang kronologis sejarahnya

nuwun

132. Cepot Semar (Red) - Oktober 3, 2007
ha ha hah…., jadi artinya panca indera itu apa dong? dan apa fungsinya.
Kalau memang marah dan benci bukan fitrah, thang kyu untk pencerahan.
Berlomba untuk maju, maksudnya apa?
maju dalam hal apa?
Yang Cepot inginkan jadi manusia yang taat saja pada agama.
biar ada bekal pertanggungjawaban nanti akherat.
untuk yang percaya. tapi yang ngk ya terserah.
Masih minta bukti nih, tentang keghaiban.

Angraini:
Cepot adalah cepot, Gue nanya pertama kali,
apakah NRK itu karangan atau bukan?
karena pernah lihat di salah satu blog yang menceritakan kalau NRK itu hanya karangan, jadi hanya untuk meminta konfirmasi?
Eh, ente bilang gue pura2 bego.
Gue ngk belain Thomas, dan thomas adalah thomas.
Yang gue ngk enak itu, gaya bahasa moderator dan sepertinya apa yang dia nyatakan harus diterima, dan tidak menerima perbedaan pengalaman,
apa memang ente pernah ketemu pocong terus gimana tolong ceritain?
terus orang yang kesurupan emang tahu siapa yang masuk ketubuh itu? kan ngk lihat cuman denger suaranya jadi begini jadi begitu.
saya adalah si ini, saya adalah si itu.

ha… ha… ha…
jujur aja seneng dengan diskusi seperti ini,
berarti kita masing2 punya prinsip.
Lanjut ….

(Saudara Cepot Semar, saudara masih belum mengerti fungsi moderator disini. Fungsi kami disini adalah memberitahukan apa yang sesuai dengan pengalaman, bukan teori. Karena ini adalah web kami, tempat untuk berdiskusi, dan kalau ada sesuatu yang kami anggap menyimpang harus kami tegur. Kalau pendapat pribadi tidak akan kami urus, contohnya anda tanyakan tentang apakah dongeng atau bukan, apa jawaban kami? dan diatas anda menyatakan taat agama, akan tidak kami salahkan atau benarkan, karena itu pendapat pribadi. Bandingkanlah dengan Saudara Thomas, “KRK adalah…….” dan “DIberitahu langsung…..”. Itu berhubungan dengan sejarahnya Gantharwa, tentu akan kami ajak merenung. Apakah anda melihat pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan kepada saudara Thomas? Pahamkah maksud kami, saudara cepot Semar? Silahkan lanjutkan diskusi, kalau merasa tidak nyaman di rumah kami, jangan di teruskan. Red)

133. Awu_alit - Oktober 3, 2007
Namaste,

u/ mas Cepot

dalam tulisan anda Suka, Marah,Benci, cinta adalah fitrah, memang marah, benci sepintas seperti fitrah, tapi kalo kita menyelam lebih kedalam, mengapa manusia bisa timbul amarah, kebencian, dendam?

biasanya bila kita menginginkan sesuatu, sesuatu itu harus sama seperti yang kita pikirkan, ketika hal tsb tjd kita senang, kita merasa bahagia karena sesuatu tjd menurut konsep dan keinginan kita
tetapi bila apa yang kita harapkan tidak terjadi/ tidak sama dgn yang dibentuk oleh mind/pikiran kita, kita kemudian marah, kesal

Coba kl anda lihat, orang marah, kemarahannya berawal dari ketidak puasan thd sesuatu yang tjd
misal contoh kecil, kita naik motor kita berharap cepat sampai kantor, jalan macet, tiba2 ban bocor, tambal ban masih 3 km, bila kita sumeleh (bisa menerima keadaan yang terjadi) kita tetap tenang, sabar, tapi bila kita tidak bisa menghadapi keadaan, timbul perasaan kesal, marah,dsb

Kemarahan sebagai reaksi ketika kita tidak siap menerima keadaan di luar diri kita yang berbeda dari apa yang kita harapkan.
Bila manusia dalam keadaan sumeleh, pasrah kersaning Allah, kita tidak akan terkena reaksi tersebut, buat apa marah, jika kita bisa menerima segala sesuatunya dengan ikhlas

marah bertolak belakang dengan kesumelehan, dengan kepasrahan, dengan penerimaan pada kenyataan yang terjadi.

begitu pula dengan kebencian dan dendam yang bertolak belakang dengan cinta

cinta hadir u/ meniadakan amarah dan kebencian bila kemudian marah dan benci sebagai fitrah mengapa perlu cinta diciptakan

dan bila amarah benci adalah fitrah manusia, mengapa ketika bulan puasa ramadhan kita perlu mengendalikan diri kita agar tidak muncul amarah dan kebencian, mengapa para ulama justru melarang kita untuk marah, apa ini justru bukan pengingkaran fitrah manusia?

bagi saya sebagai pemula dalam kehidupan ini, menganggap, bahwa marah, benci a/ sesuatu yang perlu u/dihilangkan bukan dipupuk lebih dalam,
meski itu berupa kebencian thd perbuatan jahat, kebencian thd kemaksiatan, selama rasa kebencian itu ada, suatu saat kebencian itu jg yang akan kita gunakan u/membenci perbuatan2 yang baik.

sifat2 kejahatan, kemaksiatan, kelaliman, bukan u/ dibenci atau di marahi, tp u/dihilangkan dengan sebuah olah kesadaran

Jadi bagi saya kemarahan dan kebencian bukanlah fitrah manusia, karena kemarahan dan kebencian akan hilang dengan cinta sebagai bentuk kusumelehan dan keikhlasan kita dalam menjalani kehidupan

Setiap manusia pasti ingin kembali kepada asalnya, darimana dia berasal dan kemana dia seharusnya pergi nanti, bisakah kita kembali kepadaNya bila masih tersulam amarah dan kebencian?
(Jika marah dan kebencian adalah bagian dari fitrah manusia dalam kehidupan?)

Tabik

salam kenal

134. angraini - Oktober 3, 2007
si cepot kagak pernah nonton uji nyali dan gentayangan, atau krennya musti nonton pemburu ha tu kali.. biar tahu kerasa bagaiman ketangkap kamera, jangan-jangan bukan panca indera menurut si cepot, atau jangan-jangan bilang itu rekayasa.

eh.. cepot.. emang moderator mengularkan pendapat? emang si thomas mengeluarkan pendapat? kan mereka lagi ngomongin pengalaman mereka, lu yang bilang harus tulis “menurut pengalaman…”

135. Awu_alit - Oktober 3, 2007
mungkin perlu kesamaan definisi dulu GAIB itu apa?
apa hantu/dedemit itu juga GAIB menurut mas cepot?
Sb mereka bisa dilihat dengan mata, didengar dengan telinga dan dicium baunya oleh hidung manusia
Apa ini bukan ditangkap oleh PANCAINDRA?

Istilah indra ke6 lebih ditujukan u/org2 yang memiliki sensitivitas feeling thd polarisasi energi dimensi lain (dimensi 4), bila kemudian ada org yang bisa mata bathin/mata ke 3, terawangan, mendengar dengan telenging bathin, bagi beberapa kalangan parapskologi hal tsb disebut sebagai indra ke7

hanya sedikit kata2, bila tdk ada makna boleh diabaikan saja

136. BASUKI (Red) - Oktober 3, 2007
kalau menurut aye, thomas “nge bull shit”, ketangkap basah ama moderator disini, fakta sejarahnya gak paham.. udah makan berapa banyak korban tuh..
cepot jadi suporter yang baik tuh… gak lihat apa yang fakta.
eh mau bukti gaib?, pergi tuh ke gua di pantai selatan, diam aja seminggu disana, dijamin pasti top…
makanya jangan agama nutupin muka doang, jadi gak kelihatan.

(Saudara Basuki, mohon pakai bahasa yang sopan, sekali lagi anda tidak pakai bahasa semestinya, kami akan bann. Jangan Juga menghina. Red)

137. Anton Loewijono - Oktober 3, 2007
Rame banget ya topik ttg KRK , mungkin krn memang banyak orang yg tdk mengenal ttg itu, jadi banyak pro-kontranya….tetapi kelihatannya disini masih banyak yg pro kayaknya….hihihiix.
Klo yg masih penasaran ya langsung aja tanya pada sumbernya langsung….disini banyak yg tahu ko…., cuma yg kontra kelihatannya sebenarnya tuh mo ngetest aja, apa ada maunya….dan juga motivasinya untuk apa tahu…..(untuk kebaikankah…apa untuk main2….kayak anak tk aja…hihiiihi)
Untuk Mang Cepot : Walaupun saya blum pernah bertemu beliau, tetapi untuk minta bukti ttg kegaiban ,setelah mempelajari di Gantharwa rasanya hal2 yg gaib itu sepertinya telah menjadi kenyataan (gaib itu ya nyata) dan kegaiban itu pasti akan berkembang sesuai dng lakunya masing2…jadi ya ga usah minta bukti ttg yg gaib wong pasti akan datang sendiri ko itupun klo kita memang mau tahu……(namanya juga Gaib….hihiiiix)

138. marijan - Oktober 3, 2007
seru…seru….
saya ga bela siapa2 lho ya…cuma “pengen menyentil” telinga siapa yg kesentil saja hihi…jika kita berbicara roh atau ghaib, maka pantulannya adalah kesadaran karena manusia adalah pribadi yang berkemauan, sejauh mana kita sadar tergantung dari ilmu kasampurnaan atau pengertian yang kita dapat…
Ada beberapa reaksi orang yang berkelana di dunia ghaib..
sebagai contoh..apabila kita bertemu dengan Mr X di dunia ghaib, maka akan timbul peluang beberapa reaksi atau respon kita secara pribadi..diantaranya…
1. “merasa” puas atau TANPA DISADARI sudah “merasa” jago..
hal ini lumrah bagi petualang pemula, karena yang berperan adalah EGO kita…toh dimanapun pasti selalu ada “pengalaman pertama”…
2. menjadi bingung…karena dia menyadari bahwa kesimpulan untuk mengatakan “benar” terhadap apa yg kita temui harus senantiasa berpatokan pada KEBENARAN SEJATI..sejauh mana kita sudah mempelajari akan kebenaran sejati?
3. yang paling parah adalah yang sudah ketemu MR X tanpa disadari ” Sudah dikibuli” sama Mr X palsu(entah karena terpukau oleh penampilannya, atau kesadarannya hilang akhirnya terkecoh dll)…itu terjadi karena di alam roh semua bisa jadi siapa saja( tidak ada sesuatu yang absolut, hanya DIALAH yang “absolut”)
tipe orang ketiga ini yang kena tipu dalam arti sebenarnya…ini terjadi karena ketololannya alias pengetahuannya tidak utuh atau setengah2…maka untuk meminimalisir “penipuan” di alam roh haruslah senantiasa eling dan waspada berserah pada Sang Hyang Widhi..

semoga mencerahkan….

139. Adi - Oktober 4, 2007
Nuwun sewu, mbak anggraini. Boleh ndak saya minta alamat emailnya? Ada beberapa hal yg ingin saya ketahui. Semoga bisa memberi info pencerahan kepada saya. Email saya : adi_6510@ yahoo.co.id. Matur nuwun sanget. Adi.

140. Adi - Oktober 4, 2007
Sekalian buat mas/mbak Awu Alit. Bolehkah saya meminta alamat emailnya ? Semoga dapat memberi info pencerahan kepada saya. Email di : adi_6510@ yahoo.co.id, Matur nuwun. Adi.

141. antx - Bapak AE - Oktober 4, 2007
Salam Damai BL

wah .. rame ya ..
kayaknya bagus kalo bisa pada ketemu langsung … dan kalo pas pada ketemu, sy mohon diundang … pengen melihat, pasti lebih rame. Nah … kalo ada rekan2 yg punya koleksi gambar2 gaib (mbak anggreini kalo punya tolong kirim yah, yg lain juga pls …) … email ke saya dong .. sy pengen ikut koleksi dan sekaligus pura2nya mengkaji gitu lho … (email sy: antx2003@yahoo.com)

antx

142. Ngabehi Kidulingmesjid - Oktober 4, 2007
Menurut saya semua ada bentuk aslinya, tinggal sampai dimana kawruh seseorang, orang yang sudah sampai pada level sidik paningal (basarun) tak akan tertipu didimensi manapun.Pada cerita wayang kulit diceritakan srikresna dan semar adalah tokoh2 yang tak pernah tertipu oleh kesaktian batara kala dan betari durga.

143. angraini (Red) - Oktober 4, 2007
mas adi, nama gue pakai satu “g” aja..
email gua angraini.sulistiawati@yahoo.com
gue kagak bisa apa-apa, gue bukan anggota gantharwa, kalau mau pencerahan ke para senior disini lah.. gue hanya punya logika.
gue pernah ngobrol kok ama para senior disini, ashik.. kagak seram amat, tertawa melulu..
oups… sorry pak mod, sekalian kenalan, siapa tahu jadi sahabat pena.. he..he..he

(Silahkan selagi sopan. Red)

144. Cepot Semar (Red) - Oktober 4, 2007
Marijan n Awu Alit: Thanks untuk pencerahannya enak dan kena juga dihati nih. Makasih banyak,

Angraini N Anton Lewijono:Makasih, tapi ya sedikitpun tidak mendukung thomas, kalau mendukung thomas ngapain minta bukti sama Mas Mod kan sama2 masalah ghaib, justru yang sekarang lagi Cep cari tentang kebenaran NRK. Kalau percaya dengan thomas tapi ngk ke Mas Mod, wah itu belang dong –seperti apa yang ditulis Angraini tentang Cepot— (kan, disitu jelas tertulis untuk saudara thomas: Kalau anda berbohong anda harus bertanggung jawab dengan kata2 Anda, Kalau itu benar ya berati anda yang dipilih).
Tapi pertanyaan tentang pocong belum dijawab sama angraini.
kalau dunia lain,gentayangan,Expedisi alam ghaib itu kan nonton di TV.

Mas Moderator: Makasih banyak nih, mau nerima tamu kayak cepot ( Angraini bilang: Si Cepot rewel). ngk apa2, kan klau ngk rewel kita ngk akan puas dengan jawaban, kalau cuma nerimo-nerimo aja.
yang terpancing marah/kesel ya monggo.
tapi Mas Mod, maksud kita berlomba untuk maju, maksudnya apa?
apa maju dalam hal keghaiban? atau yang lainnya?.
ada tulisan mas Mod: kita disini memberitahukan apa yang sesuai dengan pengalaman bukan teori. nah kata itulah yang Cep pegang,
artinya Cep kurang berkenan dengan “teguran” terhadap pengalaman thomas. ( Meskipun thomas mempermasalahkan atau tidak, Cep tidak tahu).
Ya, seperti apapun itu kalau memang thomas berbohong, thomas harus bertanggung jawab dengan kata2 thomas sendiri.
BASUKI:
eh mau bukti gaib?, pergi tuh ke gua di pantai selatan, diam aja seminggu disana, dijamin pasti top…
makanya jangan agama nutupin muka doang, jadi gak kelihatan…
Gimana rasanya di Gua pantai selatan selama seminggu, coba barangkali dengan cerita dari Basuki ada bekal atau persiapan untuk saya kalau kesana.

Lho kok anda tahu klu agama nutupin muka doang ( hebat, hebat, jangan2 punya Ilmu Ghaib nih).
dan kok bawa-bawa agama dalam kontek ini.
sangat dalam sekali ucapan anda tentang agama.
emang menurut Basuki: agama buat nutupin apa saja? dan tolong jelaskan tulisan anda tentang agama dengan kontek yang lagi dibahas ini. mohon pencerahan.
Kalau Cep hanya ingin taat terhadap Agama Cep saja, biar ada bekal untuk di akherat kelak dan juga di Dunia dan itu urusan Cep.

Mas Moderator, sekali lagi makasih banyak untuk mau nerima tamu si rewel ini.
Salam Sejahtera untuk semuanya.
Mohon pencerahan.

(Saudara Cepot, jangan merasa cangung, kami menyambut baik semua, silahkan saja… Maksud berlomba terus maju adalah terus melakukan kebaikkan atau kebajikan, tidak berhenti di kata-kata. Red)

145. angraini - Oktober 4, 2007
cepot.. gue kagak pernah ketemu dan lihat pocong, jadi gak ada cerita.. tapi gue sering dengar dari orang yang lihat. kalau lu mau tanya aja pada senior sendiri… tapi nanti bilang itu kan cerita/katanya. kalau lu minta gue ajarin cara lihat, gue juga kagak ngerti.

146. Cepot Semar - Oktober 4, 2007
ha…haa. ha…
Gue pikir pernah lihat atau ketemu…
Ok Thank you.

Mas Moderator: ajakan berkompetisi yang bagus,itu memang harus, dan akan membuahkan hasil yang baik untuk diri kita dan untuk semuanya. ( Menurut Cep: Perbuatan lebih dihargai daripada kata kata)

Makasih banyak
salam dari si Rewel

147. thomas - Oktober 4, 2007
ya saya mesti gmn mau jawabnya ya ….kalau dianggap saya ketemu beliau adalah wujud yang palsu saya nambah bingung dengan pencerahan dari pak mod,saya bisa yakin kenapa? banyak saksi yang membenarkan semua ini saya pernah ketemu dengan ruh SHamangku buono ke 7 bersama dengan ibu kidul pada saat gempa jogja,dan andai dari pihak pak mod lebih tahu tentang beliau beri tahu kekita2 semua siapa beliau sebenarnya kalau cuma menyangkal pengalaman saya ya itu bukan solusi menurut saya,bgmn pak mod ?tpai saya bisa terima semua ini karena mungkin saya pemula mohon pencerahannya yang mantap pak,

148. wisnu wardhani - Oktober 5, 2007
sorry jika gue nimbrung
ini to mas thomas…………gue g setuju banget tentang tulisan lu yang ngenai nyi borong…….gue (terus terang aza) g suka tentang itu,
biz lu bilang nyi blorong anak haram………
klo emang lu gi masuk agama islam ,, mending lu perbaiki lagi pengetahuan lu tentang agama islam……..
contoh nyata ….. moksa….. anak haram……
klo yang lainnya (seperti menghina agama lain) …….
contoh kasar…..selalu ngejalanin solat 5 waktu……
nah klo lu tau tentang sejarah……… lu bakal tau kesalahan terbesar lu…..
contoh kasar……. wanita berburu saat agama saat itu masih hindu…….
asal lu tau aza di agama hindu, derajat wanita itu lebih tinggi
klo lu baca sejarah juga…..antara mataram dan majapahit………beda
lalu pisah ma kakak yang jaraknya cukup jauh…..
terus yang g masuk akal ada syek….??????
emang agama islam itu masuknya taun berapa mas?????
maaf mas moderator…….
gue tersinggung tentang nyi blorong……gue g setuju banget jika nyi blorong dikatakan anak haram apalagi anak dari KANJENG RATU LAUT KIDUL.
nyi blorong amat dekat dengan gue……dan gue g suka jika ada yang menfitnah dia seperti itu meskipun dia dari …halus…..
semoga kita bisa menjadi saudara yang saling jujur satu sama lain
salam damai……dan met kenalan mas thomas…….

149. antx - Oktober 5, 2007
Salam Damai BL …

Wah, Mas Wisnu kenal dekat dengan Nyi Blorong … cerita dong, supaya kami2 yg awam namun pengen ngerti jd dpt pencerahan … nah, kalo bisa ada pic-nya, sy lg kumpulin nih … ditunggu ya …
Kagem yg lain juga … kalo memang punya reverensi pic-nya … mhn info-nya ya … maturnuwun, pareng …

antx

150. Ngabehi Kidulingmesjid - Oktober 5, 2007
Saudara-saudara jangan terlalu asyk bermain, marilah kembali ketujuan semula yaitu bertemu dengan Gusti Alloh (manunggal) dunia gaib memang rumit, biarlah keyakinan dipegang masing2 sesuai dengan yang didapatnya, semua berproses, asal berusaha dengan sungguh-sungguh semua pasti menemukan puncaknya, buat mbak wisnu tujuan akhir manusia adalah bisa kembali kepada Sang Maha Asal, Oya mbak sebetulnya islam masuk ke Indonesia sejak zaman Rosulluloh tapi sekalanya masih kecil sekali, mau percaya silahkan mau ga ya monggo. Maturnuwun

151. Cepot Semar - Oktober 5, 2007
Resend saja

BASUKI:
eh mau bukti gaib?, pergi tuh ke gua di pantai selatan, diam aja seminggu disana, dijamin pasti top…
makanya jangan agama nutupin muka doang, jadi gak kelihatan…
-Gimana rasanya di Gua pantai selatan selama seminggu, coba barangkali dengan cerita dari Basuki ada bekal atau persiapan untuk saya kalau kesana.

Lho kok anda tahu klu agama nutupin muka doang
( hebat, hebat, jangan2 punya Ilmu Ghaib nih).
dan kok bawa-bawa agama dalam kontek ini.
sangat dalam sekali ucapan anda tentang agama.
emang menurut Basuki: agama buat nutupin apa saja? dan tolong jelaskan tulisan anda tentang agama dengan kontek yang lagi dibahas ini. mohon pencerahan.
Kalau Cep hanya ingin taat terhadap Agama Cep saja, biar ada bekal untuk di akherat kelak dan juga di Dunia dan itu urusan Cep.
( kenapa Cep menyinggung agama karena awalnya cep menangkap pertanyaan dari Mas.Mod tentang berlomba untuk maju, ya jadi arah pikiran Cep kesana. Tapi sudah dapat penjelasan dari Mas.Mod: Makasih banyak ya Mas.Mod untuk penjelasannya).

Makasih juga Mas Mod.
Mau nerima lagi si rewel.
Salam sejahtera untuk kita semua dan semoga kita mendapatkan apa yang kita cari.

152. y.Hendrayana (Red) - Oktober 5, 2007
hmmm wua asyik tenan….
banyak teman banyak rejeki nih…
semoga semua benar…….
terkadang kesimpulan yang kita anggap benar hari ini belum tentu benar di kemudian hari……
jika tidak setuju pasti berkomentar…..
saya setuju dengan mas ngabehi bhw islam masuk sejak jaman rosulullah..
gimana ya sekarang…
kepada moderator. koq pertanyaan mas cepot tidak/belum di jawab?
ingat mas dimensi alam ghaib bertingkat tingkat….
ghaib mutlak hanyalah ALLAH SWT.
ini masalah keyakinan namun keyakinan pun ada dasarnya yang mesti dipertanggung jawabkan…ada ilmu yakin, ainul yakin dan haqul yakin… maaf jika menggurui….
hati hati di alam ghaib (mahluk Jin ) jangan terjebak hanya seputar alam itu… mari kita naikkan keyakinan kita pada ghaib mutlak
buat mas ngabei…….selamat lebaran….semoga indra ke-7 mas ngabei tambah peka….hee….. maaf atas segala ucap.lampah dan gerak bathin jika tersinggung pada semua kadhang warga
wassalam
y.hendrayana

(Pertanyaan yang mana belum dijawab, saudara y.Hendrayana? Apakah saudara tahu bahwa Islam masuk ke Indonesia sejak jaman Rosulullah, baru merupakan dugaan dan belum ditemukan fakta sejarah? Kalau bicara fanatisme boleh-boleh saja, tapi porsi harus jelas, saudara y.Hendrayana. Red)

153. supriadi-purwokerto - Oktober 5, 2007
kalo saya sering berdialog dengan penguasa pantai selatan, saya menyebut ratu pantai selatan dengan sebutan Kanjeng Ratu kidul..kadang saya juga berdialog dengan ratu pantai utara dengan Kanjeng Ratu lor atau biasa saya panggil ibu Dewi lanjar yang merupakan anak dari Kanjeng ratu kidul..juga dengan penguasa Gunung Slamet yang biasa saya panggil dengan Kyai Slamet..saya hanya bisa berdialog saja..awalnya saya minta melalui ki Semar Bodronoyo untuk memanggil Kanjeng ratu kidul n kjg ratu lor tapi skrg sudah bisa memanggil langsung pada malam hari..kalau melihat secara jelas sih belum hanya samar samar..ada yang bisa memberitahu cara melihat mereka berdua secara jelas tanpa harus datang atau semedi ke pantai selatan atau pantai utara ..saya mah santai aja, nggak mau berdebat..karena emang saya orang bodo..jadi jalani aja apa yang ada sekarang..maturnuwun..

154. Sujiatmoko - Oktober 5, 2007
Salamu’alaikum kadang sedoyo,
Kepada saudara sekalian,
Sudahlah …. Mohon dihentikan segala pembodohan mengenai KRK, NRK maupun Kanjeng-kanjeng yang lain. Di dimensi ‘sebelah’ tidak ada yang menyandang title anak maupun diperanakkan. Tidak ada title si Ini adalah anak si Itu atau si ini adalah Bapak/Ibu nya si Itu. Mereka semua adalah ‘pribadi’ yang berjalan sesuai dengan kehendak Allah. Mereka telah bersatu dengan Allah dalam kehampaan, hampa karena segalanya bisa diraih dengan mudah. Mereka tidak memerlukan perkembangbiakan karena mereka ‘ada’ dan ‘hadir’ sesuai dengan kehendak Allah …. Yang bekerja sama dengan mahluk Allah lainnya guna menjaga alam semesta raya, termasuk dengan manusia.

Jika beberapa dari anda menyatakan mampu melakukan komunikasi dengan ‘mereka’, silahkan … itu hak anda, karena sesungguhnya yang berkomunikasi adalah anda dengan pikiran anda sendiri yang berdasarkan imajinasi maupun konsep berpikir. JIka masuk ke tingkatan lebih tinggi lagi, maka tidak akan ada komunikasi … yang ada adalah kaweruh/ pengertian/ pemahaman yang datang ke qolbu.

Semoga bisa diterima.

Wassalamu’alaikum
Sujiatmoko

155. supriadi-purwokerto - Oktober 6, 2007
wah..panjang bgt ulasan ulasan diatas dari orang orang pinter..tambah pusing..aku wong bodho,cuma minta tolong n crita apa adanya tentang pengalaman pengalaman..kami merupakan sebuah satu perguruan,ada guru dan ada murid.. berarti satu perguruan bodho semuanya..he..he..cuma bisa mengkhayal…tp gak apa apa..aliran kan macam macam..ada yang sepaham, ada yang ngak..bila ada yang sepaham dgn saya..thanks bgt bila mau kirim email ke supriadi_2469@yahoo.co.id..maaf,aku ndak bisa berdebat..karena prinsipku..semua pendapat adalah benar bagi yang menjalankan…tp thanks atas saran Sdr. Sjmk..maaf deh bila ada salah salah kate..

156. thomas (Red) - Oktober 6, 2007
hallo pak mod prtanyaan saya ga di jawab kalau pak mod tau KRK or NRK cerita in dong,katanya goib penuh ilusi,tipu mislihat,dialam goib tidak ada sholat,kalu mau tau islam masuk sebelum para wali salah satunya ada disumedang makam+petilasan syeh teja malela dari syria datang tahun 700M kalu digoib penuh tipu ngapain lama2 kita bahas persoalan yg sifatnya penuh tipu daya,dan menurut Alquran juga Allah menciptakan manusia dan jin hanya untuk beribadah pada Allah menurut pak mod gmn,kita sebagai orang islam jangan monoton ato panatik terhadap apapun moksa emang dari bahasa hindu tapi itu ada dan siapa saja bisa mengalami dan mau bagaimana caranya kita kembali ke Allah sama saja tetep ke Allah, pak mod sampai bahas ke syeh siti jenar orang bodoh aja yang menganggap beliau wali sesat,karena cuma mendengar ceritanya saja hanya karena ungkapan manunggalig gusti kanbukan manunggaling gusti Allah yang menganggap manusia itu Allah, Allah2 manusia2 tapi Allah ada didalam manusia/ciptaannya,tolong pak ceritakan kisah sejati KRK or NRK trims salam sejatra selalu wasalam

5 komentar:

  1. PERNYATAAN NYI RORO KIDUL, DEWA BRAHMANA, DEWA WISHNU,
    DEWI KWAN-IM, DEWI KALI DAN SELURUH DEWA DEWI
    Banyak hal yang telah dilakukan oleh ribuan dukun (Paranormal), Kyai, Pendeta2, dan Tokoh agama sesat lainnya yang bersekutu dengan setan hanya untuk menghalangi kebangkitan Nyi Roro Kidul. Namun Kamu semua telah Gagal Total.Usaha yang dilakukan manusia iblis tersebut adalah :
    1. Menyebar kisah jelek bahwa nyi roro Kidul
    tangan kanan Lucifer, santet, susuk, kawin
    dgn sultan2, Kekuasaan, harta dsb.
    2. Mengadakan Upacara Penutupan Batu Hobon thn
    1986 yang merupakan Kuburan Ayah dan
    Saudara Nyi roro kidul yaitu raja Tea-Tea
    Bulan, Raja Huti, Saribu Raja dll. Mereka
    membuat Batu Hobon Kotor dan Bau busuk
    dengan memecahkan puluhan ribu telor dan
    menyiramnya dengan jeruk purut. Coba Kepala
    Kalian aja yang dilempar kotoran itu.
    3. Melakukan Upacara thn 1987 di pantai
    selatan untuk menghancurkan istana Nyi Roro
    Kidul.... Dasar kalian manusia hina dan
    bodoh..Bocah-bocah edan... Baru belajar
    ilmu mau menantang saya...........
    4. Dengan disokong Susilo Bambang Yudhoyono
    Melakukan lagi upacara penghinaan di Taman
    Mini Jakarta dengan dalili Kebudayaan.
    Tujuan Sebenarnya Memancing Agar Saya
    Keluar untuk di bunuh.

    Sadarlah Manusia-Manusia Sesat. Sekuat apapun upaya kalian mencari dan membunuh Saya, pasti gagal. Karena semua yang dinubuatkan Tuhan Pencipta Alam tidak dapat digagalkan oleh apapun. Kebangkitan Ratu Pantai Selatan, bersama orang-orang niniwe telah terjadi.

    Kamu Semua Manusia sadarlah Kembalilah ke jalan Tuhan. Jangan percaya hal2 gaib dukun-dukun dsb. terutama yang berada didunia keagamaan, apalagi mengaku-aku Roh kudus atau apapun namanya. Itu semua Iblis Penipu.

    Percaya aja ama hati kamu yang bersih dan tulus dan Tuhan Sang Pencipta. CUKUP

    Saya tegaskan.
    Tidak ada Roh Kudus yang bisa turun ke bumi tanpa sesizin saya.

    Jadi Semua Roh yang selama ini kesurupan dan mengaku aku raja huti, tea tea bulan, saribu raja, Roro Kidul, Dewa Wishnu, Dewi Kwan-In dll atau mengaku-aku leluruh kamu baik suku batak, jawa, China, India, Barat, dsb adalah Iblis Penipu.

    Salam Hormat Saya Pada Semua Umat Beragama.

    Semua Agama Itu sama. Semuanya berasal dari sang pencipta. Jadi berdamailah. Jangan Sekali-kali Kamu merasa agama kamu yang paling benar. Agama yang kamu anut benar, tapi kamu manusia yang salah menjalankan karena mudah terpengaruh hal-hal ajaib atau gaib yang semata-mata permainan setan yang telah menguasai seluruh sisi kehidupan manusia.

    Tugas dan janji saya untuk menyatakan kebenaran sang pencipta. Selanjutnya terserah Kamu manusia memilih jalanmu sampai hari penghakiman kami tetapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salamun 'ala manittaba'al huda
      Berdasarkan pesan di awal Ramadhan tahun 2013 ini, Kanjeng Roro Kidul Berpesan melalui saya sbb:
      1. Jangan buruk sangka terhadap beliau (termasuk menyangka jahat terhadap beliau)
      2. Kalau sesorang mau menulis tentang beliau, baiknya minta permisi dulu (bagi yang memungkinkan dialogh dulu dengan beliau)
      Hari Jum'at, 19 Juli 2013 sekitar jam 10.00 saya berdialogh batin kembali denga Kanjeng Ratu Kidul. Isi dialogh diantaranya:
      1. Mengenai nama Ratu Kidul dan Roro Kidul kata beliau itu sama saja (beliau sendiri).
      2. Beliau sudah menjadi seorang Muslimah (masuk Islam), sebagian besar pembesar kerajaan dan rakyat beliau sudah masuk Islam juga, akan tetapi demi menjaga persatuan negara. Beliau tetap menghormati dan mengayomi agama yang dianut di negerinya.

      Hapus
  2. weh, panjang banget polemik ini...
    coba dibukukan, jual, lalu duitnya transfer ke no-rekku...lagi butuh nih...

    BalasHapus
  3. saya cuma pengen ketemu ma bu ratu, pengen ngobrol dll... kan ga ada yg melarang untuk bersahabat dengan siapapun..siapa yang bisa bantu?

    BalasHapus