Kamis, 25 Desember 2008

PERBEDAAN RE-INKARNASI DAN RE-BIRTH

PERBEDAAN RE-INKARNASI DAN RE-BIRTH

Istilah 'reinkarnasi' tidak sama dengan kelahiran kembali. Reinkarnasi biasa dipergunakan oleh agama lain. Namun banyaknya penggunaan istilah 'reinkarnasi' dalam Agama Buddha cenderung karena adanya kesalahpengertian yang bersifat umum.

Agama Buddha mempergunakan istilah 'kelahiran kembali' atau 're-birth' atau 'tumimbal lahir'. Kelahiran kembali mempunyai pengertian adanya suatu proses perubahan yang berkesinambungan yang terjadi dalam badan dan batin setiap mahluk. Tidak ada satu saat pun badan dan batin mahluk yang tetap. Semuanya selalu berbuah. Kondisi ini sejalan dengan pengertian pokok dalam Ajaran Sang Buddha yaitu 'anatta'.

Sedangkan, dalam pengertian umum, reinkarnasi mempunyai makna ada batin atau jiwa yang kekal yang akan terlahir kembali terus menerus sampai jiwa tersebut mendapatkan kesucian atau bersih dari kekotoran batin. Jiwa yang kotor diibaratkan sebagai mutiara yang tertutup lumpur. Jadi, reinkarnasi diperlukan untuk membersihkan lumpur tersebut agar mutiara yang asli nampak cerah kembali.

Jadi, perbedaan pokok antara istilah 'kelahiran kembali' dan 'reinkarnasi' terletak pada konsep 'roh' atau 'jiwa' yang selalu berproses di satu sisi serta kekal di sisi yang lain.
Semoga jawaban ini dapat membantu membedakan pengertian istilah 'kelahiran kembali' dan 'reinkarnasi'.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar